Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Kumpulkan 440 Mahasiwa Berprestasi

Bank Indonesia mengumpulkan 440 mahasiswa dari 88 perguruan tinggi negeri (PTN) dalam acara GenBI Leadership Camp 2017 di IPC Corporate University, Ciawi.
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Darren Whiteside
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Darren Whiteside

Kabar24.com, BOGOR--Bank Indonesia mengumpulkan 440 mahasiswa dari 88 perguruan tinggi negeri (PTN) dalam acara GenBI Leadership Camp 2017 di IPC Corporate University, Ciawi.

Dalam acara yang diadakan 7-11 Desember 2017, 440 mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) diberikan materi terkait penguatan kepemimpinan (leadership).

440 mahasiswa tersebut merupakan bagian dari 3.290 mahasiswa yang menerima beasiswa dari BI.

Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman mengungkapkan pihaknya tidak hanya memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik semata.

"bukan hanya kutu buku yang mengerti soal akademik, mereka harus memiliki kemampuan leadership, sosial budaya," kata Agusman, Jumat (8/12).

Dengan demikian, semua mahasiswa yang terpilih merupakan pemuda-pemudi yang potensial untuk mendukung pembangunan nasional.

Untuk mendukung mereka, BI membentuk Generasi Bank Indonesia. Ini adalah wadah komunitas bagi mahasiswa penerima beasiswa dari BI

Lebih lanjut, dia menjelaskan Generasi Bank Indonesia (Gen BI) adalah bagian dari sebuah program dirancang bagi generasi muda yang dipersiapkan untuk mampu berperan penting dalam proses pembangunan bangsa di masa datang.

Melalui GenBI yang didirikan sejak 2011, BI telah menyalurkan sebanyak 18.565 orang. Kepala Grup Departemen SDM BI Teddy Pirngadi menuturkan setiap tahunnya pihaknya menerima lamaran dari satu atau dua mahasiswa yang pernah bergabung dalam Gen BI.

Melihat kemungkinan ini, dia menuturkan pihaknya bisa mempertimbangkan untuk memperluas akses bagi Gen BI yang ingin bekerja di bank sentral

"Mungkin nanti kita ada semacam seleksi PCS atau pendidikan calon staff dari daerah-daerah," kata Teddy. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan pemetaan kebutuhan karyawan. Misalnya, pihaknya dapat menyaring Gen BI dari universitas di kawasan timur Indonesia untuk memenuhi kebutuhan karyawan di daerah tersebut.

"Kalau kami ada posisi yang baik kami tawarkan supaya mereka bisa maju," kata Teddy. Namun, program rekruitmen ini bersifat tawaran dan tentu harus melewati seleksi lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper