Ini Tiga Calon Lokasi Ibu Kota Kalbar

Pemprov Kalimantan Barat mengusulkan 3 lokasi pengembangan pusat pemerintahan provinsi ini menggantikan Kota Pontianak yakni Zona I di Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, Zona II di Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dan Zona III di Perbatasan Pal 20 di Kabupaten Mempawah.
Yanuarius Viodeogo | 07 Desember 2017 22:57 WIB
Ilustrasi di Menpawah - Istimewa

Bisnis.com, PONTIANAK – Pemprov Kalimantan Barat mengusulkan 3 lokasi pengembangan pusat pemerintahan provinsi ini menggantikan Kota Pontianak yakni Zona I di Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, Zona II di Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dan Zona III di Perbatasan Pal 20 di Kabupaten Mempawah. 

Hadirnya ketiga lokasi itu muncul dalam keterangan pers, Kamis (7/12/2017), setelah  rapat pembahasan studi kelayakan pemindahan pusat pemerintah ibu kota Provinsi Kalbar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kalbar, Rabu (6/12/2017). 

Dalam studi kelayakan, mencuatnya pemindahan didasari atas sejumlah pertimbangan yakni meningkatknya laju pertumbuhan penduduk kota Pontianak dari 0,7% per tahun selama periode 1990-2000 menjadi 1,8% per tahun selama 2010-2015.

Kemudian, rata-rata kepadatan penduduk 5.548 jiwa/km2 pada 2015 menyebabkan alih fungsi lahan dari daerah resapan air menjadi daerah pemukiman. 

Penurunan kualitas lingkungan Kota Pontianak, menjadi faktor perlunya pemindahan, di samping fungsi kota yang komplek dan kesemrawutan ruang. 

Sehingga dalam rapat tersebut diagendakan pemindahan pusat pemerintah atas dasar kebutuhan ruang untuk pengembangan dari Provinsi Kalbar. 

Setelah adanya kajian pra studi pemindahan pada 2016 lalu, terdapat beberapa aspek penilaian layak dipindahkan mencakup sejumlah legalitas, kebutuhan pengembangan Pemprov Kalbar, daya dukung dan daya tampung lahan, saranan dan prasarana, transportasi, ekonomi dan finansial.

Tag : kalbar
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top