Elon Musk Pencipta Bitcoin?

Pendiri dan CEO Tesla, Elon Musk, pada Selasa (28/11) waktu setempat membantah rumor yang menyebutkan bahwa dialah pencipta bitcoin.
Renat Sofie Andriani | 29 November 2017 09:49 WIB
Ilustrasi - Pando

Kabar24.com, JAKARTA – Pendiri dan CEO Tesla, Elon Musk, pada Selasa (28/11) waktu setempat membantah rumor yang menyebutkan bahwa dialah pencipta bitcoin.

Perdebatan tentang siapa sosok yang pertama kali menciptakan bitcoin telah mengemuka sejak makalah asli sepanjang sembilan halaman terkait bitcoin yang memaparkan cara kerja criptocurrency ini, dirilis pada tahun 2008.

Seseorang atau sekelompok orang bernama 'Satoshi Nakamoto' dikatakan berada di belakang penemuan bitcoin. Namun hingga detik ini, keberadaannya masih misterius dan tidak ada yang tahu siapa Nakamoto sesungguhnya.

Dalam sebuah unggahan di situs blogging Medium, Sahil Gupta, yang pada tahun 2015 pernah magang di perusahaan ruang angkasa SpaceX milik Musk, berteori bahwa “Satoshi kemungkinan adalah Elon”.

Menurut Gupta, Musk bisa jadi adalah penemu bitcoin karena pemahamannya yang mendalam tentang ekonomi dan kriptografi, penguasaan bahasa pengkodean tingkat lanjut, serta fakta bahwa dia adalah seorang 'polymath'.

“Musk mungkin ingin menciptakannya [bitcoin] karena 2008 adalah masa resesi dan mungkin termotivasi untuk memecahkan kurangnya kepercayaan pada bank dengan menciptakan mata uang yang tidak membutuhkannya [bank],” ungkap Gupta, seperti dikutip dari laman CNBC, Rabu (29/11/2017).

Dalam unggahan di blognya, Gupta juga memaparkan bukti lain yang diyakininya menunjukkan bahwa Musk adalah pencipta bitcoin.

Namun dalam akun Twitternya Musk membantah anggapan ini, bahkan mengatakan bahwa dia telah kehilangan bitcoin yang telah diberikan seorang teman kepadanya beberapa tahun yang lalu.

“Not true. A friend sent me part of a BTC a few years, but I don't know where it is.”@elonmusk

Pencarian terhadap sosok 'Nakomoto' telah berlangsung selama bertahun-tahun. Pada tahun 2014, majalah mingguan AS Newsweek mengabarkan bahwa pencipta bitcoin adalah seseorang berdarah Jepang-Amerika berusia 64 tahun yang tinggal di California bernama Dorian Prentice Satoshi Nakamoto.

Dan baru tahun lalu, pengusaha asal Australia Craig Wright mengklaim dirinyalah yang menciptakan bitcoin, meski disangsikan oleh banyak pihak termasuk komunitas bitcoin.

Tag : bitcoin, elon musk
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top