Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wanita Sang Juru Foto ‘Tembok Merah’ Meninggal di Usia 93 Tahun

Salah satu juru foto kenamaan di China, Hou Bo, meninggal dunia dalam usia 93 tahun, Minggu (26/11/2017).
Juru foto Mao Zedong, Hou Bo (tengah) bersama Mao Zedong (kanan)./Istimewa
Juru foto Mao Zedong, Hou Bo (tengah) bersama Mao Zedong (kanan)./Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Salah satu juru foto kenamaan di China, Hou Bo, meninggal dunia dalam usia 93 tahun, Minggu (26/11/2017).

Perempuan tersebut dikenal sebagai juru foto "Tembok Merah" karena beberapa kali memotret pemimpin China, Mao Zedong (1893-1976).

Lebih dari 400 foto Mao telah menjadikan Hou sebagai fotografer terbanyak yang mengabadikan pemimpin revolusioner Komunis China, demikian laporan Global Times, Rabu.

Beberapa foto terkenalnya, seperti Pendiri Republik Rakyat China (1949), Mao Zedong Berenang Menyeberangi Sungai Yangtze (1955), Mao Bekerja di Pesawat (1959), dan Mao Zedong dengan Para Pelajar dari Amerika Latin (1959), telah meraih penghargaan Pameran Fotografi Nasional China yang pertama pada 1959.

Lahir di Kabupaten Xia, Provinsi Shaanxi, Hou diberi nama Yan Qianjin oleh kakeknya. Setelah bergabung dengan Partai Komunis selama berperang melawan penjajahan Jepang (1935-1945) pada usia 14 tahun, dia pergi ke Yan'an, Provinsi Shaanxi, untuk belajar.

Selama tujuh tahun di Yan'an, perempuan itu berganti nama menjadi Hou Bo dan menikah dengan seorang juru foto Xu Xiaobing yang kemudian memperkenalkannya dengan dunia seni.

Setelah peperangan dia bekerja sebagai juru foto di perusahaan film di wilayah timur laut China. Setelah 1949, dia bekerja sebagai juru foto pada acara-acara penting di Zhongnanhai, Beijing, yang menjadi markas utama Partai Komunis China.

Salah satu fotonya kala itu adalah Sidang Pleno Ketiga Kongres PKC ke-7, demikian harian milik PKC yang bermarkas di Beijing itu melaporkan.

Saat ditanya tentang foto kesukaannya, Hou menunjuk foto pendiri Republik Rakyat China dengan mengatakan, "Pemimpin abadi Mao dan pemimpin abadi Partai Komunis China! Ini peristiwa bersejarah. Saya sangat terkesan saat mengambil foto ini,"

Foto yang diambil pada 1 November 1949 itu menunjukkan Mao berdiri di pintu monumen Tian'anmen yang didepannya terdapat banyak mikrofon saat mengumumkan berdirinya Republik Rakyat China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper