Dari Raja George VI Hingga Pangeran William, Berikut Sejarah Royal Wedding di Inggris

Pangeran Harry dan aktris kelahiran Amerika Serikat (AS) Meghan Markle telah mengumumkan pertunangan mereka. Rencana keduanya untuk menikah pada musim semi tahun depan pun menarik euforia publik tentang British royal wedding.
Renat Sofie Andriani | 28 November 2017 14:17 WIB
Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA – Pangeran Harry dan aktris kelahiran Amerika Serikat (AS) Meghan Markle telah mengumumkan pertunangan mereka. Rencana keduanya untuk menikah pada musim semi tahun depan pun menarik euforia publik tentang ‘British royal wedding’.

Pernikahan dalam keluarga kerajaan Inggris memang selalu menjadi perhatian publik selama bertahun-tahun dan bahkan berubah menjadi peristiwa global yang dinantikan. Berikut perjalanan sejarah pernikahan 'British royal family', seperti dilansir CNBC, Selasa (28/11/2017).

George VI & Elizabeth Bowes-Lyon
Pernikahan Raja George VI dengan Elizabeth Bowes-Lyon di Westminster Abbey pada bulan April 1923 menjadi perhatian publik, kerumunan masyarakat dikabarkan memenuhi jalanan saat keduanya menikah. Menurut kabar, George VI sampai harus tiga kali melamar wanita pujaan hatinya itu yang nantinya akan melahirkan Ratu Elizabeth II.

Edward VIII & Wallis Simpson
Kakak laki-laki George naik tahta sebagai Edward VIII setelah ayah mereka mangkat pada tahun 1936. Akan tetapi pada tahun yang sama, Edward memutuskan untuk turun dari tahta sehingga dia bisa menikahi seorang sosialita Amerika yang pernah bercerai, Wallis Simpson.

Elizabeth II & Philip
Dalam usia 21 tahun, Ratu Elizabeth II menikahi Philip Mountbatten, Duke of Edinburgh pada tanggal 20 November 1947. Diperkirakan ada sekitar 200 juta pendengar radio yang mendengarkan secara langsung upacara pernikahan mereka di Westminster Abbey.

Margaret & Antony Armstrong-Jones
Adik kandung Elizabeth, Putri Margaret, menikahi Antony Armstrong-Jones pada musim semi tahun 1960. Ini adalah pernikahan kerajaan pertama yang disiarkan di televisi dan lebih dari 20 juta pemirsa dikabarkan menontonnya secara langsung.

Anne & Mark Phillips
Tiga belas tahun kemudian menandai pergantian generasi baru saat Putri Anne menikahi Kapten Mark Phillips di Westminster Abbey. Pernikahan ini dilihat tidak biasa karena Phillips dianggap sebagai orang biasa. Pasangan tersebut namun memutuskan bercerai pada tahun 1992.

Charles & Diana
Pernikahan Pangeran Charles dengan Lady Diana Spencer pada tahun 1981 dikabarkan menarik perhatian sekitar 750 juta penonton TV global. Meski demikian, pasangan ini berpisah pada tahun 1992 dan bercerai pada tahun 1996. Perhatian media dan kesedihan publik pun meruak setelah Diana dilaporkan tewas akibat kecelakaan mobil di terowongan Paris pada tanggal 31 Agustus 1997.

Andrew & Sarah Ferguson
Pada tahun 1986, Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson menikah di Westminster Abbey. Pernikahan keduanya dilaporkan menarik perhatian sekitar 500 juta penonton televisi dari rumah. Namun Andrew dan Sarah Ferguson yang setelah menikah bergelar Duke & Duchess of York, memtuskan bercerai pada tahun 1996,

Edward & Sophie Rhys-Jones
Pangeran Edward menikahi Sophie Rhys-Jones di Kapel St George di Windsor. Di luar tradisi, upacara tersebut hanya dilangsungkan untuk keluarga dan teman, perizinan untuk kehadiran liputan media pun dibatasi.

Charles & Camilla Parker Bowles
Pangeran Charles dan cinta lamanya, Camilla Parker Bowles, menikah pada tahun 2005 dalam sebuah upacara sipil di Windsor Guildhall. Jaringan BBC mendapat izin untuk meliput sesi ‘Service of Prayer and Dedication’, yang berlangsung setelahnya.

William & Kate Middleton
Pernikahan teranyar oleh anggota keluarga kerajaan Inggris adalah antara Pangeran William dan Kate Middleton di Westminster pada tahun 2011. Banyak yang membandingkan pernikahan keduanya dengan pernikahan Pangeran Charles dengan Putri Diana. Dilangsungkan tepat saat memasuki era digital, dikabarkan ada sekitar 72 juta live stream yang tercatat melalui YouTube untuk menonton peristiwa ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pernikahan, kerajaan inggris

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top