Bursa Kerja Banyumas Sediakan 3.914 Lowongan

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakertrans dan UKM) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyediakan 3.914 lowongan pekerjaan dalam pameran bursa kerja mulai Sabtu dan berakhir Minggu (26/11).
Rustam Agus | 25 November 2017 18:56 WIB
Pencari kerja memadati Bursa Kerja - Antara/R. Rekotomo

Kabar24.com, PURWOKERTO--Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakertrans dan UKM) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyediakan 3.914 lowongan pekerjaan dalam pameran bursa kerja mulai Sabtu dan berakhir Minggu (26/11).

"Kegiatan ini diikuti 28 perusahaan calon pengguna dengan total lowongan kerja 3.914 lowongan kerja," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Penempatan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans dan UKM Banyumas Sigit Widodo di sela pameran bursa kerja yang digelar berbarengan dengan Festival Kinerja Pembangunan Kabupaten Banyumas di Alun-Alun Purwokerto, Sabtu.

Sigit Widodo mengatakan bahwa perusahaan yang terlibat dalam pameran bursa kerja tersebut paling banyak bergerak di bidang automotif dan perbankan.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut benar-benar dapat mempertemukan perusahaan dengan calon tenaga kerja.

"Dengan demikian, masing-masing bisa menemukan sesuai dengan yang diinginkan. Perusahaan menemukan calon tenaga kerja sesuai dengan yang diharapkan, calon tenaga tenaga kerja pun bisa memilih perusahaan-perusahaan yang diharapkan," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan dua tempat untuk melakukan seleksi bagi calon tenaga kerja, yakni di Gedung Muslimat dan SMP Muhammadiyah Purwokerto.

Ia mengakui jumlah pencari kerja di Kabupaten Banyumas cukup tinggi karena pada tahun 2016 lebih kurang 13.300 orang.

Pada tahun 2017, lanjut dia, berdasarkan data hingga Oktober sudah mencapai 8.000 orang.

"Jumlah pemohon kartu kuning rata-rata sebanyak 50 orang per hari. Namun, kalau ada perusahan besar atau BUMN yang membuka lowongan, jumlahnya akan meningkat," katanya.

Sigit mengimbau para pencari kerja untuk dapat memanfaatkan pameran bursa kerja tersebut karena pihaknya benar-benar selektif dalam memilih perusahaan yang dilibatkan kegiatan itu.

Menurut dia, pencari kerja yang mengikuti pamerah bursa kerja tersebut tidak dipungut biaya apa pun.

"Kami akan menggelar kegiatan seperti ini secara rutin," katanya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan layanan informasi lowongan kerja melalui Facebook dengan alamat @infopasarkerjabanyumas atau melalui WhatsApp dengan nomor kontak 082223854300.

Pencari kerja Gilang mengaku senang dengan adanya pameran bursa kerja tersebut.

"Sangat bermanfaat. Saya ingin kerja di pertambangan, kebetulan di sini ada lowongan," katanya.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut sering digelar untuk memudahkan pencari kerja dalam mencari lowongan pekerjaan.

Tag : bursa kerja
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top