Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lelang Barang Rampasan, KPK Targetkan Raih Rp5 Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi menargetkan meraih pendapatan Rp5 miliar dari lelang barang rampasan terkait perkara korupsi yang dilakukan pekan ini.
Logo KPK/Antara-Widodo S Jusuf
Logo KPK/Antara-Widodo S Jusuf

Kabar24.com,JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi menargetkan meraih pendapatan Rp5 miliar dari lelang barang rampasan terkait perkara korupsi yang dilakukan pekan ini.

Pelaksana Tugas Koordiantor Unit Pelacakat Aset Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irene Putri mengatakan bahwa ada 54 objek barang yang akan dilelang mulai dari kendaraan, barang elektronik, ponsel, barang seni serta perhiasan.

Berdasarkan tafsiran harga yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan, jika semua barang tersebut laku dilelang maka KPK akan meraih penerimaan negara bukan pajak (PNBP) lebih dari Rp5 miliar.

“ Ada floor price yang biasanya jauh di atas nilai limit. Kami berharap 60% dari total barang yang kita lelang akan laku pada lelang 24 November 2017 ini,” ungkapnya, Selasa (21/11/2017).

Dari berbagai barang yang akan dilelang, KPK bakal melego beragam lukisan milik Muhammad Sanusi, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra yang tertangkap tangan menerima suap yang berkaitan dengan penyusunan peraturan daerah reklamasi. Lukisan tersebut berharga mulai dari Rp9 juta hingga Rp70 juta.

Selain itu, ada juga sejumlah perhiasan emas dan berlian yang dirampas dari Ahmad Fatonah, tersangka kasus gratifikasi terkait impor daging sapi yang juga melibatkan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaq.

Sepanjang 2017, KPK sudah melakukan dua pelelangan dan secara keseluruhan berhasil meraih penerimaan lebih dari Rp200 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper