Jokowi: DPD Harus Dukung Pembangunan Infrastruktur di Daerah

Presiden Joko Widodo meminta anggota Dewan Perwakilan Daerah untuk mendukung pembangunan infrastruktur pemerintah di daerah-daerah.
Rio Sandy Pradana | 17 November 2017 16:39 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) menerima buku dari Ketua DPD Oesman Sapta (ketiga kanan) didampingi Ketua MPR Zulkifli Hasan (kedua kanan), Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara (kedua kiri), Wakil Ketua DPD Nono Sampono (ketiga kiri) dan Damayanti Lubis (kanan) saat Sarasehan Nasional DPD, di Jakarta, Jumat (17/11). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Kabar24.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo meminta anggota Dewan Perwakilan Daerah untuk mendukung pembangunan infrastruktur pemerintah di daerah-daerah.

Jokowi menceritakan saat memutuskan membangun Jalan Trans Papua, ada yang menanyakan jaminan bahwa pembangunan itu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Papua.

Padahal, Trans Papua dibangun agar ketimpangan infrastruktur antara Indonesia bagian barat, bagian tengah, dan bagian timur itu menjadi seimbang.

“Jangan kita membangun Trans Papua malah ada yang dari DPD yang menanyakan untuk apa itu,” kata Presiden Jokowi dalam sambutan Sarasehan DPD-RI, Jumat (17/11/2017).

Jokowi merasa sedih saat ke Wamena mendapati harga semen mencapak Rp800.000 per sak. Bahkan, pada bulan-bulan saat cuaca tidak baik kadang bisa menjadi Rp1,5 juta, sedangkan harga wilayah di Jawa hanya Rp70.000-Rp80.000.

Harga BBM juga demikian, waktu dirinya bertanya dijawab warga harga Premium di Papua sebesar Rp60.000. Kadang-kadang dalam cuaca yang tidak baik bisa mencapai Rp100.000 per liter.

“Saat itu juga saya perintahkan pada Menteri BUMN. Saya enggak mau tahu saya minta harga bensin di Papua khususnya di Pegunungan Tengah, di Wamena harganya sama dengan di Jawa,” ujarnya.

Kepala Negara menegaskan, ini bukan masalah ekonomi, bukan hanya masalah ekonomi. “Ini adalah masalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tegas Kepala Negara.

Sarasehan itu dihadiri oleh mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menko Polhukam Wiranto, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Seusai acara, presiden langsung menuju Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur untuk melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara.

Tag : jokowi
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top