Menjelang Natal, AS Semakin Banyak Menyerap Ikan Kayu Sulut

Amerika Serikat semakin berminat terhadap ikan kayu asal Provinsi Sulawesi Utara, terlihat dari terus meningkatnya permintaan ekspor.
Newswire | 16 November 2017 16:53 WIB
Ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, MANADOAmerika Serikat semakin berminat terhadap ikan kayu asal Provinsi Sulawesi Utara, terlihat dari terus meningkatnya permintaan ekspor.

"Ikan kayu yang diekspor ke Amerika pada awal November 2017 sebanyak 2,6 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 2,92 juta Yen," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw di Manado, Kamis (16/11/2017).

Jenny mengatakan permintaan akan ikan kayu akan mengalami peningkatan di akhir 2017 ini, karena selain menjelang Natal juga Tahun Baru. "Hampir semua masyarakat di Amerika membutuhkan bahan makanan yang cukup tinggi jelang Natal," jelasnya.

Dia menjelaskan ikan kayu diolah kembali menjadi berbagai produk pangan khas negara itu, kemudian menjadi bumbu hingga parfum.

Produk ikan kayu, telah diproses melalui pembakaran pada suhu tertentu sehingga dihasilkan komoditas yang sudah mengeras seperti kayu, tetapi tahan meski disimpan lama," katanya.

Ikan kayu asal Sulut memiliki ciri khas yang berbeda dengan daerah lain, karena rasa dan tekstur ikan dengan kualitas baik. Selain negara-negara di Asia menjadi tujuan ekspor ikan kayu asal Sulut, juga diekspor ke Eropa, Afrika dan Amerika Serikat.

“Pemerintah akan terus memfasilitasi para pengekspor asal Sulut, agar mampu memenuhi permintaan pasar luar negeri dan negara tujuan semakin banyak,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perikanan

Sumber : Antara
Editor : Pamuji Tri Nastiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top