Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NASA Temukan 20 Planet Seperti Bumi

Sebuah analisis data dari teleskop ruang angkasa Kepler telah mengungkapkan 20 dunia luar bumi yang mungkin bisa menjadi tuan rumah kehidupan, majalah Science New Scientist melaporkan.
Planet Bumi/Youtube
Planet Bumi/Youtube

Kabar24.com, JAKARTA - Sebuah analisis data dari teleskop ruang angkasa Kepler telah mengungkapkan 20 dunia luar bumi yang mungkin bisa menjadi tuan rumah kehidupan, majalah Science New Scientist melaporkan.

Setiap dunia baru hadir dengan waktu orbit yang bervariasi, termasuk yang setara dengan 395 hari Bumi untuk mengelilingi bintangnya dan satu lagi mengambil hanya 18 hari untuk menyelesaikan orbit tunggal.

Planet yang ditemukan di luar tata surya atau exoplanet dengan waktu orbit 395 hari adalah salah satu dunia kehidupan yang paling menjanjikan dalam daftar tersebut, demikian Jeff Coughlin, pemimpin tim Kepler mengatakan kepada majalah tersebut.

"Jika Anda harus memilih satu untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke sana, itu bukan pilihan yang buruk," katanya dikutip Kantor Berita Xinhua.

Exoplanet, yang dijuluki KOI-7923.01 itu, berukuran sekitar 97 persen dari Bumi, namun lebih dingin seperti daerah tundra. Temperaturnya yang dingin adalah karena jarak dari bintangnya dan fakta bahwa bintangnya sedikit lebih dingin daripada Matahari.

Kendati demikian, para ilmuwan mengatakan masih hangat dan cukup besar untuk menahan air jernih yang sangat penting untuk kehidupan.

Pada Juni, NASA mengumumkan bahwa Kepler menemukan 219 calon planet baru di luar Tata Surya, 10 di antaranya berukuran seperti bumi dan mengorbit di zona layak huni. Sejauh ini, Kepler telah mendeteksi lebih dari 4.000 kandidat exoplanet, menurut badan antariksa Amerika Serikat NASA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper