Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Diminta Lakukan Bersih-bersih Internal

Gerakan Wong Cilik Bersatu menginginkan terjadinya pembersihan PDIP dari kader yang diduga terbelit korupsi.
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berjalan meninggalkan gedung KPK seusai diperiksa di Jakarta, Selasa (4/7)./ANTARA-Hafidz Mubarak A
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berjalan meninggalkan gedung KPK seusai diperiksa di Jakarta, Selasa (4/7)./ANTARA-Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA -  Gerakan Wong Cilik Bersatu menginginkan terjadinya pembersihan PDIP dari kader yang diduga terbelit korupsi.

Fajar Ardy Hidayatullah, Koordinator Lapangan Gerakan Wong Cilik Bersatu mengatakan July 2017, KPK menyatakan berdasarkan fakta persidangan Choel Malaronggeng terkait korupsi Hambalang menyebutkan adanya aliran uang Hambalang ke Wakil Ketua Badan Anggaran 2009-2014 Olly Dondokambey serta pertimbangan putusan Hakim Tipikor mengenai penyitaan barang bukti meubel senilai Rp2,5 miliar yang dibeli oleh PT Adhi Karya untuk Olly Dondokambey wajib dijadikan rujukan KPK dalam menetapkan Olly Dondokambey sebagai tersangka baru kasus Hambalang.

"Selain itu PPATK juga pernah merilis temuan mencurigakan terkait aliran dana Hambalang yang diduga mengalir ke rekening Olly Dondokambey pada 2012, maka sudah tepat jika KPK menetapkan Olly Dondokambey sebagai tersangka baru kasus Hambalang sebagai hadiah akhir tahun untuk Rakyat Indonesia," ujarnya, Kamis (2/11/2017).

Dia mengungkapkan, PDI Perjuangan, partai asal Olly, sebagai pemenang Pemilu dan partai pendukung Presiden Joko Widodo tentunya wajib mendukung semangat Nawa Cita Presiden Joko Widodo yang memiliki fokus perhatian khusus dalam hal pemberantasan korupsi.

Karena itu, menurutnya, sudah selayaknya menjelang tahun politik 2019 PDI Perjuangan melakukan sebuah gerakan cuci darah kotor dengan memecat para kader yang diduga terlibat tindak pidana Korupsi, sebagai wujud komitmen terhadap kepercayaan masyarakat.

Untuk mendorong upaya bersih-bersih dalam tubuh PDIP, lanjutnya, Gerakan Wong Cilik Bersatu menggelar also unjuk rasa di Dua tempat yakni di Gedung KPK, Kuningan Jakarta Selatan dan Kantor DPP PDIP di Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis dengan tuntutan:

1. Meminta KPK untuk segera Menetapkan Olly Dondokambey mantan Wakil Ketua Banggar DPR RI sebagai Tersangka atas dugaan keterlibatan sebagai salah satu penerima aliran dana Hambalang

2. Meminta Bunda Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan untuk memecat Olly Dondokambey sebagai wujud komitmen PDI Perjuangan dalam Hal pemberantasan Korupsi kepada Wong Cilik dan membersihkan partai dari kader-kader yang terbelit korupsi.

3. Meminta KPK untuk bekerjasama dengan PPATK dan Ditjen Imigrask untuk menelusuri temuan dugaan aliran dana mencurigakan ke rekening Olly Dondokambey serta melakukan pencekalan terhadapnya agar tidak lari keluar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper