PDB China Diprediksi Capai 6,8%

Para ekonom merevisi naik proyeksi mereka pada pertumbuhan ekonomi China 2017.Menurut survei yang dilakukan oleh Bloomberg kepada 55 ekonom di seluruh dunia, produk domestik bruto (PDB) China akan mencapai 6,8% pada 2017. Perkiraan itu naik dari Desember 2016, di mana para ekonom memprediksi laju PDB tahun ini hanya akan mencapai 6,5%.
Yustinus Andri DP | 30 Oktober 2017 13:25 WIB
Ekonomi China. - .Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Para ekonom merevisi naik proyeksi mereka pada pertumbuhan ekonomi China 2017.

Menurut survei yang dilakukan oleh Bloomberg kepada 55 ekonom di seluruh dunia, produk domestik bruto (PDB) China akan mencapai 6,8% pada 2017. Perkiraan itu naik dari Desember 2016, di mana para ekonom memprediksi laju PDB tahun ini hanya akan mencapai 6,5%.

Apabila perkiraan itu terealisasi, maka hal itu akan menjadi akselerasi pertama pada pertumbuhan ekonomi Negeri Panda selama tujuh tahun terakhir. Seperti diketahui, laju PDB China mencapai 6,7% pada tahun lalu.

“Seperlima atau 11 dari 55 ekonom yang disurvei menaikkan proyeksi mereka pada PDB China tahun ini,” seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (30/10/2017).

Beberapa ekonom asal Eropa dan Amerika Utara terekam menunjukkan optimismenya pada perekonomian China tahun ini. Mereka a.l. berasal dari Berenberg Bank, Landesbank Hessen-Thüringen (Helaba), Goldman Sach Group Inc dan Bank of America Corp.

Adapun sebelumna, di tengah meningkatnya optimisme pada perekonomian China dalam Kongres Partai Komunis China, laju pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) negara ini justru melambat pada kuartal III/2017.

Biro Statistik Nasional China (NBS) pada 19 Oktober lalu melaporkan, pertumbuhan ekonomi kuartal III/2017 tumbuh 6,8% atau melambat dari dua kuartal sebelumnya yang statis pada posisi 6,9%. Pelambatan tersebut di antaranya dipicu oleh kebijakan pemerintah yang berusaha mengendalikan pasar properti nasional dan menekan laju pertumbuhan utang domestik.

"Booming properti telah mencapai puncaknya. Kami melihat rebound di sejumlah sektor pada kuartal pertama dan kedua tahun ini. Namun kami memprediksi tidka akan berlanjut pada semester II/2017, dan itu benar terjadi rupanya," kata Rosealea Yao, seorang analis properti di Gavekal Dragonomics, seperti dikutip dari Reuters.

Kendati demikian, secara keseluruhan laju pertumbuhan ekonomi China masih berada pada jalur yang tetpat karena masih tumbuh di atas target pemerintah, yakni 6,5% pada tahun ini.

Sementara itu, optimisme yang sangat besar dilontarkan oleh Gubernur Bank Sentral China (PBOC) Zhou Xiaochuan pada awal bulan ini.  Kala itu dia optimis pertumbuhan ekonomi China akan mencapai 7% paruh kedua tahun ini.

Di sisi lain, masih berdasarkan survei Bloomberg, pertumbuhan ekonomi China pada tahun depan, diperkirakan tidak akan melanjutkan tren positifnya pada tahun ini. Para ekonom memperkirakan bahwa PDB China hanya akan tumbuh 6,4% pada 2018 atau lebih rendah dari target yang ditetapkan untuk pertumbuhan ekonomi tahun ini yakni 6,5%. 

Sumber : bloomberg, reuters

Tag : ekonomi china
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top