Korut Dikabarkan Pindahkan Rudal dari Fasilitas di Pyongyang

Korean Broadcasting System (KBS) melaporkan adanya sejumlah rudal milik Korea Utara yang terlihat berpindah dari fasilitas roket di Pyongyang pada Jumat (29/9/2017) malam.nn
Rio Sandy Pradana | 30 September 2017 18:29 WIB
Lokasi uji coba nuklir Korut di Pegunungan Pungye-ri. - Google/38 north

Bisnis.com, SEOUL - Korean Broadcasting System (KBS) melaporkan adanya sejumlah rudal milik Korea Utara yang terlihat berpindah dari fasilitas roket di Pyongyang pada Jumat (29/9/2017) malam.

Berdasarkan laman Reuters yang dikutip Bisnis, Sabtu (30/9/2017), laporan tersebut muncul saat adanya spekulasi bahwa Korea Utara sedang mempersiapkan tindakan yang semakin provokatif.

Laporan tersebut mengutip sumber intelijen yang namanya tidak bisa disebutkan bahwa pejabat intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat mendeteksi rudal yang dirikim dari Fasilitas Penelitian dan Pengembangan Rudal Korea Utara di Sanum-dong, bagian utara Pyongyang.

Akan tetapi, laporan tersebut tidak dengan spesifik menyebutkan keterangan waktu dan tempat rudal tersebut dipindahkan. Rudal tersebut bisa berupa rudal balistik jarak mengengah Hwasong-12 atau jarak antarbenua Hwasong-14.

Sumber dari Kementerian Pertahanan Korsel menyebut dirinya tidak bisa mengkonfirmasi rincian laporan tersebut maupun terdapat kegiatan yang tidak wajar pada wilayah dimaksud.

Pemerintah Korsel akan menyayangkan tindakan provokatif yang mungkin diakukan oleh Korut menjelang peringatan ulang tahun berdirinya partai komunis pada 10 Oktober atau saat China mengadakan Kongres Partai Komunis pada 18 Oktober 2018.

Tag : korut
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top