AKSI 299 : MUI Imbau Pendemo Jangan Marah-marah

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk tidak ikut aksi 299 dan memanfaatkan hari itu untuk berpuasa serta berdzikir di kediaman masing-masing.
Newswire | 29 September 2017 05:57 WIB
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin. - ANTARA

Kabar24.com, BANDUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk tidak ikut aksi 299 dan memanfaatkan hari itu untuk berpuasa serta berdzikir di kediaman masing-masing.

"Untuk memanfaatkan bulan Muharram dianjurkan shaum (puasa), menahan emosi, dan berdoa mudah-mudahan negeri kita aman," ujar Ketua MUI Jabar Miftah Farid di Bandung, Kamis (28/9/2017).

Meski begitu, jika ada masyarakat Kota Bandung yang tetap memaksa bergabung dengan massa di Jakarta nanti, ia meminta untuk melakukan unjuk rasa secara damai, apalagi bertepatan dengan bulan Muharram.

"Tidak boleh marah, membentak-bentak dan segalanya. Aksi harus dijaga, tapi lebih baik fokus mengaji dan beribadah," katanya.

Di sisi lain, MUI Kota Bandung akan menyelenggarakan kegiatan mengaji dan berzikir bersama sejumlah dewan kemakmuran masjid (DKM). Jika warga Kota Bandung ingin mengikuti pengajian bisa langsung datang ke MUI Kota Bandung.

Senada dengan MUI Kota Bandung, Kapolrestabes Bandung mengimbau masyarakat untuk tidak ikut dalam aksi yang mengusung tema menolak PKI dan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) tersebut.

Hendro mengaki, hingga kini pihaknya belum menerima laporan soal adanya warga Kota Bandung yang akan berangkat ke Jakarta. Kendati begitu, jajarannya sudah siap melakukan antisipasi.

"Kalau ada akan kami imbau untuk tertib dan disarankan untuk menjaga Jakarta tetap kondusif. Selain itu, kami akan berkoordinasi dengan korlapnya agar tidak membawa barang-barang yang berbahaya," katanya.

 

 

Sumber : Antara

Tag : demo
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top