GENERASI CENETARIAN: Wow! 68.000 Penduduk Jepang Berusia 100 Tahun ke Atas

Data terbaru dari Kementerian Kesehatan, Buruh, dan Kesejahteraan Jepang menunjukkan bahwa jumlah penduduk dengan usia di atas 100 tahun menorehkan rekor terbaru.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 27 September 2017  |  16:21 WIB
GENERASI CENETARIAN: Wow! 68.000 Penduduk Jepang Berusia 100 Tahun ke Atas
Ilustrasi - Reuters/Yuya Shino

Kabar24.com, JAKARTA - Data terbaru dari Kementerian Kesehatan, Buruh, dan Kesejahteraan Jepang menunjukkan bahwa jumlah penduduk dengan usia di atas 100 tahun menorehkan rekor terbaru.

Saat ini, terdapat sekitar 67.824 orang penduduk Jepang yang diberkahi umur panjang hingga bisa merayakan ulang tahun ke 100.

Jepang menjadi negara dengan jumlah penduduk berusia di atas 65 tahun terbanyak. Orang-orang yang oleh para demografer disebut Centenarian ini dianggap sebagai keajaiban di dunia kesehatan. Namun, banyaknya penduduk berumur panjang menjadi beban bagi perekonomian Jepang.

Belum lagi menurunnya angka kelahiran menyebabkan berkurangnya jumlah penduduk berusia muda yang menjadi tumpuan untuk menutupi biaya yang berkaitan dengan penduduk berusia lanjut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Jepang kehilangan triliunan produk domestik bruto sementara angka penurunan populasinya mencapai angka 1 juta. Jika pola demografi ini terus berlanjut, para ahli memperkirakan akan terjadi penurunan ekonomi skala besar dan kegagalan jalinan kehidupan sosial.

"Ini merupakan akhir keluarga," kata Mary Brinton seorang Sosiolog dari Harvard seperti dikutip dari weforum.org, Rabu (27/9/2017).

Populasi Cenetarian Jepang terus meningkat setiap tahun sejak 1971. Pada saat itu hanya ada 339 cenetarian.

Tahun lalu, data pemerinta menunjukkan jumlah cenetarian Jepang menunjukkan lebih dari 65 ribu orang. Tahun ini, untuj ke 47 kalinya secara berturut-turut Jepang yang memiliki 127 juta penduduk menorehkan rekor terbaru.

Saat ini, Amerika nasih menjadi negara dengan jumlah cenetarian terbesar di dunia didorong oleh jumlah penduduknya yang memang besar.

Kendati jumlah penduduk cenetarian Amerika tiga kali kebih banyak daripada Jepang, jumlah cenetarian per kapitanya masih setengah kali lebih kecil.

Berdasarkan tren demografi, tidak lama lagi Jepang akan menduduki posisi teratas negara dengan jumlah cenetarian tertinggi.

Populasi dunia saat ini memang menua dan analisis data Pew Research memprediksi bahwa jumlah orang dengan usia sedikitnya 100 tahun yang mencapai 450 ribu jiwa pada 2015 akan meningkat hingga delapan kali lipat pada 2050, melampaui 3,6 juta jiwa.

Jepang memberikan penghormatan tertinggi bagi para penduduknya yang berusia lanjut. Sejak 1963, Jepang menjadikan 15 September sebagai Hari Penghormatan bagi Lansia. Para penduduk yang merayakan ulang tahun ke-100 akan dihadiahi wadah sake berlapis perak oleh pemerintah serta surat ucapan selamat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jepang, lansia

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup