Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Cabai Turun, Pemprov NTB Inginkan Tunda Jual

Pemerintah Provinsi NTB meminta agar SKPD bisa memastikan program yang tepat terkait pengendalian harga khususnya bahan-bahan pokok baik ditingkat petani maupun ditingkat pembeli.

Kabar24.com, MATARAM -- Pemerintah Provinsi NTB meminta agar SKPD bisa memastikan program yang tepat terkait pengendalian harga khususnya bahan-bahan pokok baik ditingkat petani maupun ditingkat pembeli.

Seperti yang terjadi saat ini ketika produksi cabai melimpah dan harga jual ditingkat petani menjadi turun.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB Rosiady Sayuti mengatakan, jika harga cabai anjlok ada kesepakatan dari pemerintah daerah dalam hal ini SKPD terkait untuk melakukan tunda jual guna menjaga tetap stabil.

"Bisa dilakukan dengan tunda jual dulu oleh SKPD terkait, jadi pas harga naik baru dijual itu bisa," ujar Rosiady usai menghadiri rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah di Mataram, Selasa (26/9/2017).

Rosiyadi melanjutkan, langkah lain untuk menjaga kestabilan harga cabai dapat juga dilakukan dengan mendorong dan meningkatkan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terkait hilirisasi untuk menghasilkan produk pangan dengan nilai tambah lebih tinggi.

Hal tersebut bisa dilakukan melalui pelatihan-pelatihan terkait kelembagaan, produksi, dan pemanfaatan teknologi. Selain itu, mendorong investasi pada industri pengolahan komoditas pangan.

"Ini sudah dilakukan BI mulai dari pengolahan hingga paska panen seperti promosi dan packaging produk turunan, kita harapkan SKPD lain bisa mengikuti program-program seperti ini," ujar Rosiady.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper