Ini Klarifikasi BNPB Atas Beredarnya Foto Gunung Agung Meletus

Video dan foto yang beredar di media social mengenai Gunung Agung meletus merupakan informasi yang menyesatkan.
Feri Kristianto | 24 September 2017 20:21 WIB
Sejumlah warga daerah rawan bencana pergi ke tempat aman pasca Gunung Agung ditetapkan menjadi level awas di Karangasem, Bali, Jumat (22/9) malam. Sebanyak 22 desa di Kabupaten Karangasem dan objek wisata Besakih yang termasuk dalam radius 12 kilometer dari kawah Gunung Agung diharuskan untuk berpindah sementara agar terhindar dari bencana letusan gunung berapi tersebut. ANTARA FOTO - Wira Suryantala

DENPASAR--Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB menegaskan bahwa Gunung Agung belum meletus sehingga mengimbau masyarakat tetap tenang.

Kepala Pusat Informasi Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugrogo menjelaskan video dan foto yang beredar di media social mengenai Gunung Agung meletus merupakan informasi yang menyesatkan.

"Itu semua Hoax. Video letusan Gunung Sinabung tahun 2015, disebarkan di YouTube dengan tulisan “Gunung Agung meletus dahsyat beberapa saat lalu”. Begitu juga foto Gunung Soputan di Sulawesi Utara yang meletus 7/3/2015 disebarkan sebagai letusan Gunung Agung yang sedang berlangsung," tegasnya, Minggu (24/9/2017).

Tidak hanya soal video dan foto, informasi yang menyebutkan Gunung Agung meletus sehingga menimbulkan dampak mengerikan di wilayah Jawa Timur juga tidak benar.

"Semua Hoax. Mohon jangan ikut-ikutan menyebarluaskan ke media sosial atau group Whatsapp sehingga menimbulkan kepanikan dan keresahan masyarakat," pintanya.

Sutopo mengajak masyarakat saling membantu disaat ribuan masyarakat sekitar Gunung Agung sedang menderita dan harus mengungsi. Rasa gotong royong, toleransi dan nilai-nilai budaya Indonesia diharapkan berikan kepada saudara-saudara kita yang sedang mengungsi dari potensi meletusnya Gunung Agung. "Jangan justru menyebarkan informasi yang menyesatkan," pintanya.

 

 

Tag : gunung agung
Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top