Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Iran Berhasil Uji Coba Rudal Baru, Jarak Tempuh Tembus 2.000 KM

Iran berhasil menguji sebuah rudal balistik baru dengan jarak tempuh 2.000 kilometer (km) yang dipamerkan dalam sebuah parade militer.
Bendera Iran/Reuters
Bendera Iran/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Iran berhasil menguji sebuah rudal balistik baru dengan jarak tempuh 2.000 kilometer (km) yang dipamerkan dalam sebuah parade militer.

Media setempat memamerkan keberhasilan uji coba tersebut melaui sebuah rekaman video. Namun, tidak ada keterangan waktu dan lokasi yang diberikan oleh televisi pemerintah yang menayangkan gambar tersebut.

"Anda melihat gambar dari uji coba rudal balistik Khorramshahr dengan jarak sejauh 2.000 km, rudal terbaru negara kita," kata televisi pemerintah Iran dikutip dari Reuters, Sabtu (23/9/2017).

Berdasarkan keterangan media setempat, Khorramshahr merupakan rudal ketiga Iran yang memiliki daya jelajah 2.000 km. Disebutkan senjata tersebut memiliki daya ledak yang sangat besar.

Rudal itu pertama kali ditampilkan pada sebuah parade militer di Iran, Jumat (22/9/2017) waktu setempat. Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan akan memperkuat kemampuan rudalnya tanpa meminta izin dari negara manapun.

Hassan mengritik Pakta 2015 dengan menyatakan Amerika Serikat dan kekuatan dunia lainnya menyerang Iran. Dia menilai AS telah memberlakukan sanksi sepihak terhadap Iran, dengan mengatakan bahwa uji coba rudal balistik Teheran telah melanggar resolusi PBB.

Kendati demikian, Iran membantah bahwa pengembangan rudalnya melanggar resolusi tersebut, dengan mengatakan rudal tersebut tidak dirancang untuk membawa senjata nuklir. 

Di Majelis Umum PBB awal pekan lalu, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa Iran membangun kemampuan misilnya dan menuduhnya mengekspor kekerasan ke Yaman, Suriah dan bagian lain Timur Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper