Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pakde Karwo, Pegawai Negeri Sipil Mau Nonton Film G30S PKI? Silakan

Gubernur Jawa Timur Soekarwo membebaskan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi setempat untuk menyaksikan film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).
Gubernur Jawa Timur Sukarwo atau biasa disapa Pakde Karwo/Antara
Gubernur Jawa Timur Sukarwo atau biasa disapa Pakde Karwo/Antara

Bisnis.com, SURABAYA -  Gubernur Jawa Timur Soekarwo membebaskan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi setempat untuk menyaksikan film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).

"Tidak ada instruksi maupun larangan khusus kepada ASN. Artinya, kami persilakan yang mau menonton ataupun tidak," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (23/9/2017).

Menurut dia, tidak adanya anjuran khusus dari Kementerian Dalam Negeri RI membuat pihaknya tak memberikan kebijakan apapun terkait film yang tengah menjadi sorotan tersebut.

"Politik luar negeri itu diatur oleh Menteri Luar Negeri, sedangkan politik dalam negeri diatur oleh Menteri Dalam Negeri. Nah, dalam hal ini urusannya dalam negeri maka tegak lurus dengan pusat," ucapnya.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, juga tak melarang jika ada kegiatan menonton bersama karena juga tak ada perintah yang mengaturnya, terlebih daerah tidak bisa mengambil keputusan karena menjadi ranah pusat di Jakarta.

"Sekali lagi, bagi ASN mulai dari pegawai atau pejabat organisasi perangkat daerah (OPD), kami membebaskan untuk menyaksikan atau tidaknya," kata orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Sementara itu, berbeda dengan TNI yang diinstruksikan panglima untuk menyaksikan film tersebut, salah satunya jajaran Pangkalan Utama TNI AL yang selama 11 hari sebagai bentuk mencegah lupa terhadap sejarah.

"Satuan jajaran Lantamal V menggelar nobar di lingkungan markas, komplek komplek TNI AL dan masyarakat sekitar mulai 20-30 September," ujar Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Nana Rukmana.

Pemutaran film itu, lanjut dia, sesuai arahan pimpinan yang ditujukan kepada prajurit dan ASN Lantamal V, sekaligus mengajak generasi muda untuk mengerti dan memahami sejarah perjalan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper