Turki Kerahkan Pasukan Ke Idlib untuk Turunkan Ketegangan di Suriah

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan pihaknya akan mengerahkan pasukan ke wilayah Idlib di utara Suriah sebagai bagian dari kesepakatan menurunkan ketegangan (de-eskalasi) yang dimediasi oleh Rusia bulan lalu.
John Andhi Oktaveri | 22 September 2017 20:07 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA—Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan pihaknya akan mengerahkan pasukan ke wilayah Idlib di utara Suriah sebagai bagian dari kesepakatan menurunkan ketegangan (de-eskalasi) yang dimediasi oleh Rusia bulan lalu.

Sejumlah zona de-eskalasi (de-escalation zone) yang disepakati Turki, Rusia dan Iran akan dibahas lebih jauh dalam pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang akan berkunjung ke Ankara pekan depan, ujar Erdogan sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (22/9). Erdogan tengah berada di New York mengikuti pertemuan tahunan Majelis Umum PBB.

“Berdasarkan kesepakatan itu, Rusia menjaga keamanan di luar Idlib dan Turki akan menjaga keamanan di dalam wilayah Idlib,” ujar Erdogan.

“Tugasnya tidak mudah... Bersama Putin kami akan membahas langkah tambahan yang diperlukan guna mengurangi aksi teroris untuk menciptakan perdamaian abadi,” ujarnya.

Erdogan juga mengatakan bahwa Turki tengah mempertimbangkan langkah antisipasi, termasuk menerapkan sanksi dan menentang rencana Kurdi menggelar referendum di wilayah utara Irak

Tag : suriah, turki
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top