Asap Kebakaran Lereng Gunung Agung Sempat Bikin Panik

Gunung Agung pada Selasa (19/9/2017) sekitar pukul 10.30 Wita sempat membuat heboh warga sekitarnya karena terlihat mengeluarkan kepulan asap.
Feri Kristianto | 19 September 2017 14:02 WIB
Gunung Agung di Karangasem, Bali, sebagian tertutup asap, terpantau dari Desa Selat. - Bisnis.com/Feri Kristianto

Kabar24.com, AMLAPURA - Gunung Agung pada Selasa (19/9/2017) sekitar pukul 10.30 Wita sempat membuat heboh warga sekitarnya karena terlihat mengeluarkan kepulan asap putih bercampur merah dan kemudian membiru.

Namun, ternyata setelah dicek oleh instansi terkait ternyata asap dari tujuh titik kebakaran di Gunung Agung sisi utara. Hanya saja, munculnya kepulan tersebut sempat dikira oleh masyarakat berasal dari kawah.

Menurut Kelian Dinas Banjar Pegubugan Desa Duda Kecamatan Selat Wayan Mudiasa, warga di desanya sempat panik melihat kepulan asap tersebut. Desa ini berjarak sekitar 8 km dari puncak Gunung Agung.

Hanya saja, setelah mengecek ke pos Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kecamatan Selat dinyatakan bahwa asap dari dampak kebakaran lahan di sisi utara.

"Tadi warga sudah panik dan siap mengungsi, saya ke posko untuk memastikan dan minta penegasan ternyata dari titik kebakaran," kata menjelaskan ketika ditemui di Selat.

Wayan Warsa, warga Desa Sorga yang berjarak 3 km dari Gunung Agung, menyatakan hal serupa. Dia mengatakan warga panik dan menyakini kepulan asap itu berasal dari kawah gunung.

Pantauan Bisnis dari Desa Selat Kecamatan Selat, hingga pukul 13.00 kepulan asap berwarna putih. Data Tim Reaksi Cepat BPBD Karangasem sudah ada 11 titik kebakaran di lereng gunung bagian utara.

Tag : gunung agung
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top