Indeks Kualitas Kebangsaan : Indonesia Lima Besar di Asia Tenggara

Indonesia masuk lima besar di lingkup Asia Tenggara dan posisi ke-105 secara global dalam Quality of Nationality Index.
Amanda Kusumawardhani | 14 September 2017 11:48 WIB
Ilustrasi: Teluk Tomini - Indonesia.travel

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia masuk lima besar di lingkup Asia Tenggara dan posisi ke-105 secara global dalam Quality of Nationality Index.

Berdasarkan laporan yang dirilis Henley & Partners, meningkatnya kualitas pembangunan manusia di Indonesia mendorong kenaikan 2,3% menjadi 28,8% dari 100% sepanjang 2012-2016.

Jika dibandingkan dengan rata-rata skor Asia Pasifik sebesar 32,99% dan secara global dari 195 negara yakni 39,32%, Indonesia masuk dalam kategori kualitas medium.

Di antara negara-negara Asia Tenggara, posisi Indonesia masih berada di bawah Thailand yang berada di posisi ke-4.

Ketika dikaitkan dengan kebebasan untuk bepergian secara global, Indonesia masuk peringkat ke-110 dan skor sebanyak 30,6% dari 100%.

"Negara-negara di Asia Tenggara perlu genjotan di semua area untuk mendongkrak kontribusi terhadap kualitas kehidupan bernegara," kata Dominic Volek, Head Southeast Asia at Henley & Partners Singapore, dalam keterangan resminya, Kamis (14/9/2017).

Disebutkan pada laman nationalityindex.com, Quality of Nationality Index (QNI) adalah peringkatan kualitas negara di seluruh dunia yang menggali baik faktor internal maupun eksternal. Faktor internal misalnya skala ekonomi, pembangunan SDM, stabilitas dan perdamaian. Sedangkan eksternal faktor termasuk kebijakan bebas visa dan kemudahan untuk tinggal dan bekerja di luar negeri tanpa peraturan yang berbelit.

Tag : indonesia
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top