Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Sumbang Sapi Kurban Untuk Umat Muslim di Sulut

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) menyerahkan 31 hewan kurban sapi untuk dibagi-bagikan kepada masjid yang ada di wilayah Bumi Nyiur Melambai dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 H yang jatuh pada Jumat (1/09/2017).
Ilustrasi/Antara-Aditya Pradana Putra
Ilustrasi/Antara-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) menyerahkan 31 hewan kurban sapi untuk dibagi-bagikan kepada masjid yang ada di wilayah Bumi Nyiur Melambai dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 H yang jatuh pada Jumat (1/09/2017).

Sebanyak 31 hewan sapi tersebut terdiri dari 30 ekor sapi merupakan bantuan dari Pemprov Sulut dan juga seekor sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jumlah ekor sapi yang disumbangkan Pemprov Sulut tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu yang hanya 10 ekor sapi sesuai komitmen Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Sulut Steven Kandouw, atau yang juga akrab disapa OD-SK.

Penyerahan hewan kurban dilakukan Wakil Gubernur Sulut Steven O.E Kandouw didampingi Asisten 1 Setdaprov Sulut John Palandung, Asisten II Setdaprov Sulut Rudy Mokoginta dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sulut Kartika Devi Tanos, dan Kepala Biro Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Clay Dondokambey.

Disamping itu juga, turut menyaksikan MUI Sulut, Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Sulut dan para imam masjid penerima bantuan hewan kurban tersebut.

Wagub Sulut Steven Kandouw dalam sambutannya mengatakan bantuan hewan kurban yang diberikan diharapkan dapat dimaknai sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah kepada umat Islam di daerah ini yang akan merayakan Idul Adha 1438 H.

“Di samping itu, momentum ini hendaknya dapat dimaknai sebagai upaya kita untuk saling bersilaturahmi dan terus memantapkan serta menjaga kerukunan, kedamaian, dan kekeluargaan yang telah tercipta selama ini,” tuturnya, Kamis (31/8).

Menurutnya, langkah itu diharapkan semakin memantapkan Sulut sebagai barometer kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia bahkan taraf internasional. Pihaknya berharap momentum Idul Adha ini juga harus memberikan pencerahan.

"Momentun Idul Adha menurut saya jangan cuma di hari raya kurban tapi mari kita jadikan sikap perilaku, memberikan bantuan kepada kaum duafa ini menjadi bagian dari pola hidup kita bukan nanti tapi kalau boleh setiap saat dan setiap waktu. Karena kita tahu persis di Sulut ini banyak orang kurang mampu," harap Wagub.

Karo Kesra Setdaprov Sulut dr Kartika Devi Tanos mengatakan salah satu makna yang paling dalam ibadah kurban sebagai bentuk penghambaan kepada SWT dengan membahagiakan sesama.

"Kurban adalah bentuk kesolehan sosial, dimana orang yang kurban akan merasakan ibadahnya berbagi bagi dengan sesama," ungkapnya. Kurban akan mendekatkan secara emosional bagi kaya dan miskin dengan sama.-sama merasakan santapan kurban di Hari Raya Idul Adha.

Adapun hewan kurban akan diserahkan ke Masjid Agung Baitul Makmur Kotamobagu, Masjid Raya Ahmad Yani Sulut, Masjid Sis Al Djufrie Kelurahan Malendeng, Masjid At Taqwa Belang, Masjid Ar Rahman Banjer, Masjid An Nur Desa Borgo, Masjid Agung Pangeran Dipenegoro Airmadidi, Masjid Nurul Huda Kelueahan Molas, Masjid Al Ikhlas Desa Insil Kecamatan Pasi Timur, Masjid Al Munawarah Tuminting dan Masjid Darusalam Kelurahan Motoboi Kecil Kotamobagu Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper