SIDANG TAHUNAN MPR: Presiden Jokowi Ingatkan Tak Ada Lembaga Negara Punya Kekuatan Absolut

Presiden Joko Widodo meminta seluruh lembaga negara untuk meningkatkan kekompakan karena tidak ada satupun lembaga negara yang memiliki kekuasaan absolut atas lembaga lain.
John Andhi Oktaveri | 16 Agustus 2017 09:51 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) menggunakan pakaian adat saat mengikuti sidang paripurna MPR, di Jakarta, Rabu (16/8). - JIBI/Dedi Gunawan

Kabar24.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo meminta seluruh lembaga negara untuk meningkatkan kekompakan karena tidak ada satupun lembaga negara yang memiliki kekuasaan absolut atas lembaga lain.

Pernyataan itu disampaikannya dalam Sidang Tahunan MPR hari ini, Rabu (16/8/2017).

Menurutnya, selain tidak ada kekuatan absolut dari satu lembaga negara, juga tidak ada lembaga negara yang memiliki kekuasaan yang lebih besar dari lembaga negara lainnya.

Menurutnya, kesetaraan tersebut merupakan jatidiri bangsa kita dalam bernegara sekaligus sebagai kekuatan bangsa yang terefleksi dalam perjalanan bangsa.

“Saya yakin dengan kekompakan, dengan sinergi, dengan kerja bersama itu, tidak akan memperlemah tugas dan tanggung jawab konstitusional yang dijalankan oleh setiap lembaga negara,” ujarnya di depan para hadirin termasuk Wapres Jusuf Kalla para menteri Kabinet Kerja, ketua lembaga negara dan undangan yang hadir dalam sidang tahunan tersebut.

Jokowi juga mengingatkan pentingnya semangat persatuan Indonesia agar lembaga-lembaga negara bisa bekerja dengan lebih baik. Menurutnya, lembaga negara harus saling mengingatkan, saling kontrol, saling mengimbangi dan saling melengkapi.

Tampil mengenakan pakaian tradisional Bugis, Provinsi Sulawesi Selatan, Presiden Jokowi terlihat tampil beda dari sidang tahun sebelumnya. Demikian juga dengan Wapres Jusuf Kalla yang tampak mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan blangkon.     

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jokowi, mpr

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top