Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei FSI: Deddy Mizwar Berpeluang Jadi Gubernur Jabar. Ridwan Kamil Nyungsep

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dianggap memiliki kans untuk menjawarai pertarungan dalam pemilihan kepala daerah Jabar tahun depan. Sedangkan peluang Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, berdasar survei ini, justru nyungsep ke peringkat bawah.
Deddy Mizwar/Antara
Deddy Mizwar/Antara

Kabar24.com, JAKARTA- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dianggap memiliki kans untuk menjawarai pertarungan dalam pemilihan kepala daerah Jabar tahun depan. Sedangkan peluang Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, berdasar survei ini, justru nyungsep ke peringkat bawah. 

SIMAK : Pilgub Jabar 2018 : Begini Reaksi Ridwan Kamil Saat Golkar & PDIP Tututp Pintu

Direktur Eksekutif Fokus Survei Indonesia (FSI), Andi Muhammadyah mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan lembaganya pekan lalu, Deddy dianggap sebagai tokoh yang paling dikenal masyarakat Jawa Barat, 93,7%, disusul anggota DPR RI Rieke Dyah Pitaloka 85,1% kemudian berturut-turut Dede Yusuf dengan 81,7% dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi 67,9%.

“Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meraih tingkat popularitas 64,7% disusul dengan Agung Suryamal yang dikenal sebanyak 54,1% dan Iwa Karniwa dengan 53,4%. Lalu di urutan akhir ada nama Netty Prasetiani dengan tingkat popularitas 52,1%,” ujar Andi, Minggu (13/8/2017).

Terkait integritas, 87,9% responden mempercayai Deddy Mizwar disusul dengan Dedi Mulyadi dengan 81,2% kemudian Rieke Dyah Pitaloka dipercaya sebanyak 72,3%. Iwa Karniwa yang secara mengejutkan dipercaya oleh 64,3% responden melampaui Ridwan Kamil yang mendapat 63,2%.

FSI juga melakukan survei soal elektabilitas para tokoh di masyarakat Jawa Barat, dan diperoleh hasil bahwa 39,4% responden memilih Deddy Mizwar mempunyai elektabilitas tertinggi disusul Dedi Mulyadi yang dipilih 13,3% responden dan Rieke Dyah Pitaloka dengan 10,7%.

“Dede Yusuf mendapat perolehan 7,4% responden, kemudian Ridwan Kamil yang sempat melejit namanya melalui pemberitaan media, ternyata hanya dipilih 6,2% responden. Survei menunjukkan bahwa Agung Suryamal meraih 4,6%, Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa meraih 3,7%, dan Netty Prasetiani dengan 3,1% serta 11,6% tidak menentukan pendapat.

“Fokus Survei Indonesia survei menjelang 10 bulan Pilgub Jabar untuk mengukur Popularitas, Integritas, Akseptabilitas, Kapabilitas serta Elektabilitas para tokoh yang paling layak memimpin Jawa Barat 2018-2023 menurut penilaian masyarakat Jawa Barat,” kata Andi.

Survei digelar 22 Juli hingga 2 Agustus 2017, menggunakan populasi warga Jawa Barat yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 dan yang mempunyai hak pilih dalam pemilu Presiden 2014.

“Populasi sebanyak 33,045 juta dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 2.178 responden. Dengan margin of error plus minus 2,1% pada tingkat kepercayaan 95%,” ujar Andi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper