Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag Ajak Umat Islam Salat Gerhana Bulan Parsial

Kementerian Agama mengajak umat Islam untuk melaksanakan salat gerhana (salat khusuf) menyusul terjadinya fenomena alam Gerhana Bulan Parsial pada 8 Agustus 2017 dini hari pukul 00.22-02.18 WIB.
Gerhana bulan total/express.co.uk
Gerhana bulan total/express.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama mengajak umat Islam untuk melaksanakan salat gerhana (salat khusuf) menyusul terjadinya fenomena alam Gerhana Bulan Parsial pada 8 Agustus 2017 dini hari pukul 00.22-02.18 WIB.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Muhammadiyah Amin, mengatakan awal gerhana diperkirakan mulai pukul 02:22 WIT, 01.22 WITA, atau 00.22 WIB. Sedang puncak gerhana terjadi pada pukul 03.21 WIT, 02.21 WITA, dan 01.21 WIB.

“Berdasakan data astronomi, Gerhana Bulan Parsial tersebut akan berakhir pada pukul 04.18 WIT, 03.18 WITA, atau 20.18 WIB,” katanya, Jumat (4/8/2017).

Menurutnya, Kemenag melalui Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam, mengajak seluruh umat Islam di Tanah Air untuk melaksanakan salat sunah gerhana atau salat khusuf tersebut.

Dia menjelaskan Ditjen Bimas Islam Kemenag telah menerbitkan seruan kepada para Kepala Kantor Wilayah Kemenag untuk menginstruksikan kepada Kepala Bidang Urusan Agama, Kepala Bidang Bimas Islam, dan Pembimbing Syariah.

Selanjutnya Kepala Kemenag Kabupaten/Kota dan Kepala Kantur Urusan Agama untuk bersama para ulama, pimpinan organinasi masyarakat Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksankan salat Gerhana Bulan Parsial di wilayahnya.

“Pelaksanaan shalat gerhana secara berjamaah disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing,” ujarya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper