Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diprediksi Masuk Bursa Pilpres, Ini Komentar AHY

Direktur Eksekutif Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, menyatakan tidak memiliki target jangka pendek untuk berada di posisi politik tertentu di negara ini.
Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) dan Agus Harimurti Yudhoyono./Antara-Sigid Kurniawan
Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) dan Agus Harimurti Yudhoyono./Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Pasca gagal dalam bursa Gubernur DKI Jakarta, Direktur Eksekutif Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, menyatakan tidak memiliki target jangka pendek untuk berada di posisi politik tertentu di negara ini.

Ia juga terkesan menghindar saat disinggung apakah mau maju sebagai calon presiden atau wakil presiden 2019 bila publik memintanya.

Menurut AHY, dia hanya ingin terus menjadi bagian dari elemen masyarakat lewat jalur politik. "Saya tidak membicarakan konteks politik jangka pendek apalagi menimbulkan spekulasi yang macam-macam," katanya di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta, Sabtu, 29 Juli 2017 seperti dikutip tempo.co

Namun ia merasa terkejut dengan pemberitaan di media yang kerap menyebut namanya dalam bursa pilpres 2019. "Kalau itu merupakan doa dari sebagian masyarakat, ya saya amini kalau doa itu baik," ujarnya.

Putra mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini menegaskan ingin mencegah polemik tertentu yang dapat berdampak negatif bagi dirinya. "Saya ingin terus produktif melalui pemikiran dan gagasan yang saya anggap abadi dalam pelbagai isu," ucapnya.

Mantan calon Gubernur DKI Jakarta 2017 ini berujar akan berjuang di dunia politik yang baru ia ikuti seperti perjuangannya saat meniti karier di dunia militer. Ia merasa masih memiliki waktu untuk bersiap diri untuk menghadapi tantangan yang kompleks di Indonesia. "Saya akan mengalir mengikuti apa yang dibutuhkan masyarakat dan saya ingin jadi bagian dari solusi dan kontribusi positif," kata dia.

Pascakekalahannya dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017, nama AHY disebut-sebut akan maju dalam Pilpres 2019. Spekulasi makin kuat saat dirinya hadir dalam pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kamis lalu.

Tapi AHY menampik bila pertemuan tersebut membicarakan soal kemungkinan dirinya disandingkan dengan Prabowo untuk maju dalam pemilihan presiden 2019. "Oh tidak, tidak sama sekali. Kami mendahulukan kepentingan bersama yaitu untuk negeri ini," kata AHY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper