Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tergerus Air, Jalan di Tapanuli Selatan Amblas

Gerusan air telah menyebabkan badan jalan sepanjang 20 meter yang menghubungkan antardesa di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara, amblas.
Ilustrasi/Antara-Nova Wahyudi
Ilustrasi/Antara-Nova Wahyudi

Kabar24.com, TAPANULI SELATAN - Gerusan air telah menyebabkan badan jalan sepanjang 20 meter yang menghubungkan antardesa di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara, amblas.

Kepala Desa Dolok Sordang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Taris Siregar, di Sipirok, mengatakan amblasnya badan jalan itu terjadi pada hari ke tiga (H+3) Lebaran 2017.

Lokasinya berada di titik sekitar 2 kilometer arah dari Simpang Saba Tarutung Desa Batangtura menuju Desa Barnak Koling, memang saat kejadian wilayah itu dilanda hujan.

Hujan lebat seharian hingga malam telah menggerus sebagian tanah badan jalan sepanjang 20 meter lebar 4 meter di wilayah tersebut.

"Ada sekitar 5 dari 20 meter kedalaman badan jalan amblas sampai mencapai 4 meter," katanya memberi penjelasan.

Kondisi seperti itu memutus menyulitkan keluar masuknya kendaraan dari dan ke desa itu.

"Kalau kita melintas dari arah Batangtura menuju Barnak Koling disisi kiri jalan amblas ada tebing terjal dan kanannya terdapat jurang ratusan meter," terangnya.

Untuk bisa melintas dengan terpaksa warga masyarakat menimbun bangunan drainase yang berada di sisi sebelah jurang itu. Bahkan ada juga supir siap bertarung nyawa berani melintasi dengan kendaraan roda empatnya.

"Posisi mobil itu mengangkang sebelah rodanya diatas drainase ditimbun tanah selebar 70 sentimeter roda sebelahnya lagi disisi tebing terjal," katanya.

Dia mengatakan hanya Tuhan-lah yang tahu pabila mobil gardan dua jenis Taf itu tergelincir kearah jurang dalam tersebut.

Atas nama masyarakat Barnak Koling dan Dolok Sordang berpenduduk lebih 160 Kepala Keluarga, Kades Tias Siregar berharap pemerintah daerah setempat dapat malakukan perbaikan secepatnya.

"Badan jalan amblas itu sangat vital bagi masyarakat untuk dapat memperlancar arus transportasi termasuk sarana mengangkut hasil-hasil bumi di daerah itu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper