MUDIK LEBARAN: Jawa Barat Dilintasi 2,1 Juta Kendaraan

Sebanyak 2,1 juta unit kendaraan bermotor melintasi wilayah Jawa Barat pada arus mudik Idulfitri tahun ini.
Newswire | 30 Juni 2017 16:35 WIB
Antrean panjang kendaraan memadati jalur selatan lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (29/6). - ANTARA/Adeng Bustomi

Bisnis.com, BANDUNG - Sebanyak 2,1 juta unit kendaraan bermotor melintasi wilayah Jawa Barat pada arus mudik Idulfitri tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, baru sekitar 1,1 juta unit kendaraan yang kembali ke daerah keberangkatan. "Hingga Jumat (30/6), baru 1,1 juta kendaraan yang sudah kembali. Artinya ada satu juta kendaraan yang belum kembali," katanya ditemui usai mengikuti pantauan arus balik bersama Kapolri dan Menteri Perhubungan di Pospam Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Menurut dia untuk jalur utara, dari 1,14 juta kendaraan yang melintas pada arus mudik, baru 432.129 kendaraan yang sudah kembali.

Adapun untuk di jalur tengah, kata dia dari 426.023 kendaraan yang melintas saat arus mudik, baru 88.448 yang sudah kembali.

"Untuk yang di jalur selatan, dari 891.000 kendaraan yang melintas saat mudik, yang sudah kembali sebanyak 263.139 kendaraan," ujarnya.

Ia mengatakan jumlah sepeda motor dan mobil pribadi mendominasi dibandingkan dengan bus. Namun, jumlah kendaraan pemudik lebaran tahun ini berkurang dibanding tahun sebelumnya.

Pada mudik Lebaran 2016, jumlah kendaraan pemudik mencapai 2,8 juta atau lebih banyak 700.000 dibanding tahun ini, hal tersebut dikarenakan pemudik beralih menggunakan kendaraan umum.

"Sedangkan untuk kereta api, itu kan kendaraan umum juga, lalu tidak sedikit juga masyarakat yang beralih menggunakan pesawat terbang untuk menuju kampung halaman. Ini kan pertanda ekonomi masyarakat meningkat," kata dia.

Menurut dia arus balik Lebaran 2017 diprediksi masih akan terjadi, tidak hanya pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7) ini karena hingga H+4 lebaran banyak kendaraan pemudik yang belum kembali ke daerah keberangkatan seperti Jakarta dan Bandung

Sumber : Antara

Tag : mudik lebaran
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top