Idulfitri 2017, Jumlah Penumpang Pesawat Meningkat

Selama musim libur Idulfitri tahun ini, terjadi peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi pesawat terbang baik untuk tujuan domestik maupun internasional.
MG Noviarizal Fernandez | 30 Juni 2017 12:51 WIB
Calon penumpang pesawat di Terminal 3 Ultimate Bandara Sooekarno-Hatta, Jumat (23/6/2017). - Bisnis/Dini Hariyanti

Bisnis.com, JAKARTA -- Selama musim libur Idulfitri tahun ini, terjadi peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi pesawat terbang baik untuk tujuan domestik maupun internasional.

Kepala Harian Posko Terpadu Nasional Angkutan Idulfitri 2017 Musaffar Ismail mengungkapkan berdasarkan data yang dihimpun, sejak H-10 hingga H+3, jumlah penumpang yang menggunakan pesawat terbang tujuan domestik mencapai 4,009 juta. 

Jumlah ini naik 8,79% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu  yang hanya 3,7 juta penumpang.

Penerbangan internasional, menurutnya, juga mengalami peningkatan. Tahun ini, sejak H-10 hingga H+3, jumlah penumpang untuk rute internasional mencapai 685.046 orang atau meningkat 15,53% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2016. 

Tahun lalu, pada periode yang sama, jumlah penumpang internasional mencapai 529.979 orang.

Menurutnya, meski terjadi peningkatan jumlah penumpang baik untuk tujuan domestik maupun internasional, masyarakat tidak perlu khawatir kehabisan tiket penerbangan lantaran maskapai penerbangan belum memaksimalkan penerbangan tambahan atau extra flight.

"Untuk penerbangan domestik dari 1.500 extra flight yang disiapkan, baru terpakai 1.300 penerbangan. Untuk penerbangan internasional, dari 47 extra flight baru terpakai 34 penerbangan,” paparnya.

 

 

Tag : arus balik mudik
Editor : Maria Yuliana Benyamin

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top