AS Berikan Kriteria Pemohon Visa dari 6 Negara Muslim

Amerika Serikat memberikan persyaratan bagi pelamar visa dari 6 negara muslim harus memiliki hubungan keluarga dekat dengan warga Paman Sam, berdasarkan pedoman yang dipublikasikan oleh Departemen Luar Negeri AS pada Rabu (28/6/2017).
Hafiyyan | 29 Juni 2017 12:27 WIB
Seorang muslimah warga negara Amerika Serikat - Reuters/Ellen Wulfhorst

Bisnis.com, WASHINGTON — Amerika Serikat memberikan persyaratan bagi pelamar visa dari 6 negara muslim harus memiliki hubungan keluarga dekat dengan warga Paman Sam, berdasarkan pedoman yang dipublikasikan oleh Departemen Luar Negeri AS pada Rabu (28/6/2017).

Seperti dikutip dari Reuters, Kamis (29/6/2017), pedoman tersebut menetapkan hubungan keluarga dekat yang dimaksud adalah orang tua, pasangan, anak, menantu, dan termasuk saudara tiri.

Pedoman ini pertama kali dilaporkan oleh Associated Press sekaligus juga menegaskan hubungan keluarga dekat yang dimaksud tidak termasuk kakek-nenek, cucu, bibi-paman, keponakan, sepupu, saudara ipar, bahkan tunangan, serta anggota keluarga lainnya.

Pengadilan-pengadilan tingkat rendah AS sebelumnya memblokir keputusan presiden yang dikeluarkan Donald Trump pada 6 Maret 2017. Perintah eksekutif Presiden AS itu termasuk larangan selama 90 hari bagi warga dari beberapa negara, termasuk Iran dan Libya, serta 120 hari bagi semua pengungsi untuk memasuki wilayah Amerika Serikat.

Namun, Mahkamah Agung pada Senin (26/6/2017) memutuskan ada beberapa bagian larangan yang bisa diterapkan terhadap pengungsi. Dikonfirmasi soal hal ini, Departemen Luar Negeri AS menolak untuk berkomentar.

Adapun 6 negara muslim yang dimaksud dalam pedoman Deplu AS ialah Iran, Libya, Somalia, Sudan, Suriah, dan Yaman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
amerika serikat

Sumber : reuters
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top