Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2017: Ini 4 Catatan Menhub Budi Karya

Mudik lebaran sudah memasuki masa arus balik, jelang 3 hari menuju cuti bersama berakhir.
Antrean panjang kendaraan memadati jalur selatan lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (29/6)./ANTARA-Adeng Bustomi
Antrean panjang kendaraan memadati jalur selatan lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (29/6)./ANTARA-Adeng Bustomi

Bisnis.com, JAKARTA - Mudik lebaran sudah memasuki masa arus balik,  jelang 3 hari menuju cuti bersama berakhir. 

Terkait mudik lebaran tahun ini,  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut ada beberapa hal yang dievaluasi pada penyelenggaraan mudik tahun 2017 yaitu kelaikan angkutan bus, pemudik sepeda motor, manajemen waktu mudik, dan kapasitas rest area.

"Beberapa yang harus kita evaluasi satu berkaitan dengan angkutan-angkutan yg tidak laik, dua pengendara motor terkait dengan jalur istirahat harus dikendalikan lebih baik dan tiga manajemen waktu yang akan kita lakukan dengan baik, yaitu integrasi dari libur-libur antara libur pegawai swasta dan libur anak sekolah," kata Menhub Budi usai meninjau arus balik Lebaran di Stasiun Tawang, Kamis (29/6) siang seperti dikutip dari siaran pers dalam website resmi Kemenhub

Adapun yang keempat terkait kapasitas kendaraan di rest area, menurut Menhub rest area harus diperluas. Dengan begitu diharapkan rest area dapat menampung pemudik yang ingin istirahat.

"Tempat istirahat mestinya akan dibuat lebih besar sehingga bukan saja rest area sebagai tempat mereka (pemudik) makan tapi juga tempat parkir sekedar memang ingin melepas kepenatan," jelasnya.

Disamping itu, keterlibatan asosiasi dianggap Menhub penting untuk dilakukan. Hal ini terbukti dimana asosiasi turut mendukung kebijakan pemerintah untuk menunda sementara operasional angkutan barang atau truk hingga Senin (3/7) pekan depan.

"Kita akan libatkan secara intens asosiasi, hari ini Kadin, Asosiasi pengusaha truk dan ALFI mensupport himbauan dari Kemenhub untuk penundaan truk sampai ke hari Senin," ujar Menhub.

Sebelumnya Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar telah mengeluarkan surat edaran terkait himbauan kepada pengusaha angkutan barang (truk) untuk menunda operasionalnya hingga Senin pekan depan. Terkait rencana ini Menhub telah menyerahkan sepenuhnya kepada Kapolri dan jajaran untuk mengelola lalu lintas truk nantinya selama arus balik.

"Memberikan kewenangan kepada pihak Kepolisian untuk mengelola secara intensif apa yang dianggap perlu dan memberikan tempat sementara apabila lalu lintas (arus balik) padat," imbuhnya.

Selain meninjau arus balik di Stasiun Poncol, hari ini (29/7) Menhub bersama Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi melepas keberangkatan kereta api Tawang Jaya jurusan Semarang - Jakarta Pasar Senen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper