Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beda Kasta Toilet Jalur Utara dan Selatan Jawa

Konon, kebersihan toilet atau kamar mandi di suatu tempat, menjadi salah satu faktor penentu seseorang kembali ke tempat tersebut.
Suasana dan kondisi toilet di jalur mudik Lebaran 2017
Suasana dan kondisi toilet di jalur mudik Lebaran 2017

Bisnis.com, TULUNGAGUNG--Konon, kebersihan toilet atau kamar mandi di suatu tempat, menjadi salah satu faktor penentu seseorang kembali ke tempat tersebut.

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang kerap digunakan untuk beristirahat, mayoritas dilengkapi toilet umum. Bahkan, untuk SPBU skala besar, sudah dilengkapi oleh ruang peristirahatan, salat, atau kantin.

Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa Bali (LL JJB) 2017, selama perjalanan dari Jakarta - Bali - Blitar, mendapati beberapa hal berbeda tentang toilet di SPBU.

Khususnya mengenai keberadaan toilet di sepanjang SPBU jalur mudik utara dan selatan Jawa Timur. Berdasarkan pengamatan, setidaknya ada tiga hal mencolok yang membedakan antara toilet SPBU di daerah tersebut.

Pertama, soal kebersihan. Dalam pengamatan toilet yang ada di sepanjang jalur utara lebih bersih. Toilet yang berada di SPBU jalur selatan cenderung kurang diperhatikan, mengenai kebersihan.

Standar kebersihan yang tinggi, hanya terlihat di SPBU besar dengan mesin pengisian BBM lebih dari 4 yang memperhatikannya. Berbeda dengan yang ada di jalur utara, banyak toilet yang terpantau bersih, meski SPBU tersebut tergolong kecil, atau hanya memiliki dua mesin pengisian BBM.

Kedua, pungutan jasa toilet. Di beberapa titik toilet SPBU jalur selatan Jawa Timur, penjaga kotak pungutan, banyak yang berseragam petugas pengisi bbm.

Sementara itu, di utara, banyak kotak pungutan yang tidak dijaga oleh petugas.

Mengenai harga, baik di jalur utara maupun selatan, menetapkan harga sama untuk setiap masuk toilet, yaitu Rp2.000.

Ketiga, mempercantik toilet. Nah, yang ketiga ini, toilet di SPBU jalur utara Jawa Timur menang telak dari selatan.

Menurut salah seorang petugas penjaga toilet di Situbondo, PT Pertamina (Persero) menggelar perlombaan kebersihan dan kecantikan toilet yang ada di SPBU.

Tidak hanya kebersihan, bisa dibilang SPBU yang fokus menggarap toiletnya juga menanamkan unsur wangi maupun artistik.

Hal ini, tidak ditemukan di toilet yang ada di SPBU jalur mudik selatan Jawa Timur.

Dari tiga indikator yang ditunjukkan, terlihat pengelola SPBU yang ada di jalur utara Jawa Timur, sudah menganggap toilet tak sekadar pelengkap fasilitas saja.

Bahkan, toilet menjadi bisnis menggiurkan, jika ditata dengan baik. Contohnya saja, yang ada di Rest Area Raya Utama.

Petugas di pompa bensin Utama Raya di Situbondo Mohammad Endi memaparkan perolehan sumbangan selama seminggu bisa mencapai Rp80 juta.

Pompa bensin Utama Raya menyediakan 80 toilet bagi pemudik. Sebanyak 77 toilet digratiskan, sedangkan 3 toilet merupakan kategori VIP dan disewakan seharga Rp7.000 sekali pakai. Toilet VIP menyediakan layanan air hangat, sabun dan sampo.

Tim Peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, Yanita Patriella

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper