Jatim Berangkatkan 210.000 Masyarakat Mudik Gratis

Masyarakat Jatim juga telah menyumbangkan suasana aman dan nyaman di Indonesia hingga empat tahun berturut-turut. Masyarakat Jatim juga mampu memberikan contoh kepada masyarakat Indonesia bagaimana berlalu lintas yang sopan antara sopir bis, kapal dan kereta api
Annisa Sulistyo Rini | 22 Juni 2017 17:09 WIB
Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kiri) dan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memberi keterangan pers usai rapat terbatas tentang penyelesaian tanah dan bangunan warga korban dan bangunan warga korban luapan lumpur Sidoarjo dalam peta terdampak di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/4). - Antara/Rosa Panggabean

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memfasilitasi mudik gratis bagi sekitar 210.000 masyarakat.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan pihaknya mengadakan program ini diselenggarakan berdasarkan beberapa alasan. Salah satunya karena masyarakat Jatim dinilai berjasa membantu ketahanan pangan. Seperti diketahui, hampir seluruh Indonesia bagian timur dan Kalimantan produk makanannya berasal dari provinsi ini.

"Masyarakat Jatim juga telah menyumbangkan suasana aman dan nyaman di Indonesia hingga empat tahun berturut-turut. Masyarakat Jatim juga mampu memberikan contoh kepada masyarakat Indonesia bagaimana berlalu lintas yang sopan antara sopir bis, kapal dan kereta api," ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Pemprov Jatim, Kamis (22/6/2017).

Kepada para pemudik, Pakdhe Karwo, sapaan akrabnya, berpesan agar mampu membawa nilai-nilai baik di perkotaan untuk dibawa ke pedesaan. Sebaliknya pemudik juga mampu membawa nilai-nilai yang baik dari pedesaan untuk dibawa kembali ke perkotaan, yaitu suasana guyub, rukun, kompak dan suasana saling toleransi antara sesama masyarakat.

Gubernur juga meminta pada para pemudik untuk menjaga suasana spritual dan moral sebagai bentuk taat dan loyalitas pada orang tua yang tetap ditanamkan pada anak cucunya dan lingkungannya.

Adapun, hari ini Soekarwo memberangkatkan sebanyak 81 bus mudik gratis yang digelar pemerintah provinsi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi menjelaskan total bus mudik gratis 2017 yang diberangkatkan melalui kantor  Dinas Perhubungan Jatim sebanyak 173 bus yang dibagi dua hari.

"Untuk hari pertama, yaitu hari ini, diberangkatkan 81 bus dan hari kedua besok sebanyak 93 bus. Sedangkan penumpang yang diangkut pada hari pertama ini sebanyak 4.445 orang menuju ke 20 tujuan kota di Jatim,"ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top