Pakdhe Karwo: Mudik Gratis Kurangi Potensi Kecelakaan

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menilai program mudik bersama berdampak positif untuk mengurangi potensi kecelakaan.
Annisa Sulistyo Rini | 21 Juni 2017 19:45 WIB
Gubernur Jawa Timur Soekarwo - Bisnis/Wahyu Darmawan

Kabar24.com, SURABAYA--Gubernur Jawa Timur Soekarwo menilai program mudik bersama berdampak positif untuk mengurangi potensi kecelakaan.

Hal tersebut sejalan dengan upaya pemerintah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi pada mudik lebaran.

“Saya berharap tahun depan bus dan jumlah penumpangnya ditambah, karena masyarakat sangat antusias dan menginginkan adanya program seperti ini,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (21/6/2017).

Pakdhe Karwo, sapaan akrabnya, menuturkan program mudik gratis memiliki nilai manfaat sangat tinggi karena membantu masyarakat pada arus mudik dan arus balik.

Pihaknya mengapresiasi program mudik bersama sebagai bentuk kepedulian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelamatkan pemudik dari insiden selama dalam perjalanan.

Hal senada dilontarkan oleh Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Setyarso yang sekaligus menjadi koordinator Mudik Gratis BUMN 'Mudik Bareng Guyub Rukun'. Dia mengungkapkan, mudik gratis ini merupakan upaya untuk mengurangi  kecelakaan kendaraan motor pada masa mudik.

“Pemerintah mengurangi risiko kecelakaan atau mengurangi moda transportasi yang padat dengan mudik sehingga diketahui korban kecelakaan 75 persen dari sepeda motor bisa diminimalisir,” ungkapnya.

Budi menambahkan, mudik gratis dengan sistem pendaftaran secara online menunjukkan peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengikuti kemajuan zaman.

“Pendaftaran makin canggih, dengan online tidak perlu ngantri sistemnya first in first siapa daftar duluan dia dapat,” jelas Budi.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Jatim, Muhammad Evert Yulianto mengatakan setiap tahunnya, jumlah peserta mudik gratis selalu meningkat.

Jumlah pemudik gratis tahun ini meningkat 20% dari tahun lalu yang hanya sebanyak 2.000 orang. Tahun ini adalah kegiatan mudik gratis ke-10 kalinya sejak 2008.

Ada sebanyak 17 kota dalam 4 propinsi yang menjadi tujuan mudik, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat. Tujuan favorit dalam mudik bersama tahun ini adalah Yogyakarta dengan 11 bus.

16 Kota lain yang menjadi tujuan mudik adalah Banyuwangi, Jember, Blitar, Cepu, Tulungagung, Trenggalek, Magetan, Madiun, Ponorogo, Pacitan, Solo, Semarang, Tegal, Cirebon, Tasikmalaya, Bandung.

Tag : mudik lebaran
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top