Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korsel Marah Wilayahnya Dimasukin Drone Korut

Sebuah drone atau pesawat tanpa awak milik Korea Utara ditemukan pada 2 Mei 2017 di wilayah Kumgang, Korea Selatan, setelah terbang selamat 5,5 jam.
Bendera Korea Utara/Reuters
Bendera Korea Utara/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Sebuah drone atau pesawat tanpa awak milik Korea Utara ditemukan pada 2 Mei 2017 di wilayah Kumgang, Korea Selatan, setelah terbang selamat 5,5 jam.

Menurut sumber militer Korea Selatan, Rabu, 21 Juni 2017, drone tersebut jatuh di sebuah pegunungan akibat mengalami masalah di bagian mesin.

”Kami membenarkan bahwa sebuah drone yang jatuh itu milik Korea Utara setelah mendapatkan masukan dari para ahli,” kata Moon Sang-gyun, seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Menurut militer Korea Selatan, drone tersebut terbang melintasi garis demarkasi militer di sebelah timur Semenanjung pada 2 Mei 2017 dan jatuh di kawasan Seongju, Gyeongsang Utara.

Kawasan tersebut menjadi lokasi penempatan sistem pertahanan Thaad, yang dioperasikan oleh Amerika Serikat. Drone tersebut, menurut sumber militer, telah mengambil gambar wilayah sensitif menggunakan kamera Sonny 35 mm.

Militer menjelaskan, drone tersebut terbang sekitar 490 kilometer sebelum jatuh di Ijne, Gangwon, dengan kecepatan rata-rata terbang 90 kilometer per jam di ketinggian 2,4 kilometer.

Pesawat tak berawak itu, militer mengatakan, mengambil 551 foto dan 19 lainnya di lokasi penempatan Thaad. Ada empat foto di wilayah Korea Utara sebelum terbang ke wilayah Korea Selatan.

”Drone tersebut ditemukan pada 8 Mei 2017 sebelum dilaporkan ke militer,” sumber militer menegaskan.

Penemuan drone ini membuat Korea Selatan murka. “Drone ini bentuk provokasi yang dilakukan oleh Korea Utara. Kami mengutuk segala bentuk provokasi Korea Utara.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper