Gorontalo Siapkan Festival Tumbilotohe di Danau Limboto

Festival Tumbilotohe di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo akan dipusatkan di tepi Danau Limboto, berdekatan dengan objek wisata Pentadio Resort.
Newswire | 20 Juni 2017 16:35 WIB
Ilustrasi: Perayaan Malam Tumbilotohe di Rumah Pendaratan Bung Karno, Iluta, Kompleks Makam Bapu Ju Pabggola. Foto koleksi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Prov. Gorontalo. - Antara News

Kabar24.com, GORONTALO - Jelang akhir Ramadan dan menyambut Hari Raya Idulfitri Kabupaten Gorontalo menyiapkan festival Tumbilotohe atau pesta pasang lampu.

Festival  Tumbilotohe di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo akan dipusatkan di tepi Danau Limboto, berdekatan dengan objek wisata Pentadio Resort.

Tumbilotohe atau pasang lampu adalah tradisi pada tiga malam di penhujung Ramadhan dengan menyalakan lampu-lampu tradisional.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gorontalo, Ruslan Tatu, Selasa (20/6/2017), mengatakan Festival Tumbilotohe akan digelar pada Rabu (21/6) besok dan akan menampilkan ribuan lampu.

"Peserta dari festival ini berasal dari 60 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), BUMN, BUMD maupun instansi lainnya," ujar Ruslan.

Ia mengungkapkan, setiap instansi akan memiliki kavling sendiri untuk mendesain dan menata lampu pada festival Tumbilotohe tersebut.

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo ingin menjadikan tradisi Tumbilotohe atau malam pasang lampu di daerah itu untuk menjadi peristiwa wisata unggulan.

"Saya berharap tahun ini nuansa Tumbilotohe yang ditampilkan berbeda dari tahun sebelumnya, bukan hanya sekadar melaksanakan tradisi tapi harus memiliki daya tarik bagi wisatawa lokal, domestik maupun mancanegara," katanya.

Selain itu, untuk menambah semarak perayaan festival Tumbilotohe di setiap kecamatan, pemerintah setempat menyiapkan 4.000 liter minyak tanah untuk menjadi bahan bakar lampu minyak maupun obor pada Tumbilotohe.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gorontalo, lebaran, Ramadan

Sumber : Antara
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top