APP Sinar Mas Salurkan 10.000 Alquran dan Gelar Pasar Murah di Riau

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bekerjasama dengan Pemprov Riau mendonasikan 10 ribu mushaf Al Quran dan salurkan 15 ribu minyak goreng murah kemasan.
Arif Gunawan | 20 Juni 2017 11:26 WIB
Managing Director APP Sinarmas Saleh Husin dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyerahkan mushaf Alquran Braile untuk warga tuna netra

Bisnis.com, PEKANBARU -- Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bekerjasama dengan Pemprov Riau mendonasikan 10 ribu mushaf Al Quran dan salurkan 15 ribu minyak goreng murah kemasan. 

Acara yang bertempat di kantor Pemprov Riau, turut dihadiri Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman beserta jajarannya dan unsur Muspida Riau, serta Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata, Direktur Sinar Mas Forestry Stanley Najoan, dan unsur pimpinan pilar usaha Sinar Mas di Riau yang tergabung dalam Paguyuban Sinar Mas Riau. 

Mushaf Alquran yang diwakafkan ini selanjutnya akan di serahkan simbolis kepada  Pemprov Riau, Kabupaten/ Kota di Riau, Polda, Korem, Lanud, Lanal, Kejaksaan Tinggi, DPRD, organisasi masyarakat di Riau untuk selanjutnya di distribusikan kepada yang membutuhkan. 

“Kami senang dapat berbagi kebaikan dan memberi manfaat melalui donasi mushaf Alquran ini. Hal ini merupakan komitmen kami untuk berbagi kebaikan kepada semua, sekaligus mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Alquran di tanah air,” kata Saleh Husin, Selasa (20/6/2017). 

Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 mendata ada sekitar 54 persen dari total populasi umat Islam di Indonesia yang belum dapat membaca Alquran. Sedangkan data Kementerian Agama tahun 2011 mencatat kebutuhan Alquran di Indonesia mencapai 2 juta mushaf per tahun, sementara daya cetak baru 300.000 setiap tahunnya. Karena itu, APP Sinar Mas mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Alquran bagi umat muslim di Indonesia. 

Sejak tahun 2008 sampai dengan tahun ini, APP Sinar Mas telah mendonasikan 600.000 mushaf Alquran ke berbagai wilayah di Indonesia bersama dengan berbagai mitra. Selain mendonasikan mushaf Alquran, sampai dengan tahun ini kami juga telah mendonasikan 120 ribu Buku Cara Membaca Alquran Bagi Anak-Anak dan Juz Amma, serta 700 set Alquran Braile bagi tuna netra. 

Kertas Alqran yang diwakafkan ini menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP). Produk kertas yang dikembangkan oleh unit industri APP, Indah Kiat Pulp & Paper – Tangerang ini memiliki tekstur yang sangat halus. Selain itu, hasil cetakannya sangat baik dan detil. Tinta tidak meluber, dan tidak tembus serta tidak menyilaukan mata pembacanya. Bahkan, kualitas cetakannya mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal.

Kelebihan lainnya, produk kertas ini sudah memenuhi sertifikat halal dari MUI karena bahan baku dan proses produksinya telah memenuhi kaidah kehalalan. 90 % dari produk ini diekspor ke negara-negara yang menjadi rujukan pusat-pusat percetakan Alquran seluruh dunia, antara lain Arab Saudi, Turki, Iran, dan Kuwait. Saat ini APP Sinar Mas sudah memasok 60% kebutuhan kertas Alquran di dunia sejak tahun lalu. 

Selain itu, juga diselenggarakan kegiatan bazaar rakyat, dimana Sinar Mas melalui pilar usahanya menyalurkan 15 ribu liter minyak goreng murah kemasan dengan harga Rp8.000 per liter. “Tujuan kami menyelenggarakan bazaar rakyat ini untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat yang umumnya diikuti kenaikan harga minyak goreng di bulan Ramadan,” ungkap Saleh Husin.

Sejak tahun 2005 hingga kini, Sinar Mas telah menyalurkan lebih dari 30 juta liter minyak goreng kemasan – beragam merk seperti Filma, Kunci Mas, dan Mitra – ke berbagai daerah di Indonesia.

Penyaluran donasi Alquran dan Bazaar Minyak Goreng ini merupakan kegiatan rutin yang berlangsung sepanjang tahun, dan frekuensinya meningkat di bulan Ramadan dimana bekerjasama dengan berbagai mitra baik pemerintah, lembaga keagamaan, organisasi/ tokoh masyarakat, Media sampai dengan pilar usaha Sinar Mas di seluruh Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sinar mas

Editor : Asep Dadan Muhanda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top