Pelindo III Siapkan Bus Mudik Gratis Bagi Penumpang Kapal

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyiapkan sedikitnya 126 trip mudik gratis dengan bus bagi penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak dan Tanjung Emas.
Peni Widarti | 31 Mei 2017 03:44 WIB
Mudik transportasi laut - Antara

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyiapkan sedikitnya 126 trip mudik gratis dengan bus bagi penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak dan Tanjung Emas.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Faruq Hidayat mengatakan untuk mudik dengan menggunakan kapal akan ada sekitar 7.000 penumpang yang akan berangkat menuju Pelabuhan Perak.

"Setelah tiba di Pelabuhan Perak, mereka nanti akan diantar menuju kota/kabupaten tujuan akhir mereka dengan menggunakan bus yang telah kami siapkan," katanya dalam siaran pers, Selasa (30/5/2017).

Adapun pemudik tersebut berangkat dengan menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Pontianak dan Balikpapan Kalimantan dan dari Makassar dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas.

"Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini akan memudahkan para penumpang kapal laut yang masih harus melanjutkan perjalanan darat menuju kota/kabupaten asalnya," ujar Faruq.

Rencananya, bus gratis yang disiapkan Pelindo III tersebut akan tersedia sejak H-7 hingga H-1 Lebaran atau pada 18-25 Juni 2017.

Rute mudik gratis tersebut berangkat dari Tanjung Perak ke berbagai kota di wilayah Jawa Timur seperti Pasuruan - Probolinggo–Lumajang–Jember sebanyak 18 trip, Mojokerto–Jombang – Nganjuk–Madiun sebanyak 21 trip, Kediri–Tulungagung–Trenggalek sebanyak 22 trip, serta rute Lamongan–Bojonegoro–Cepu sebanyak 9 trip, dan Surabaya–Pare–Blitar sebanyak 5 trip.

Sedangkan rute dari Tanjung Emas Semarang, yakni Solo–Yogyakarta sebanyak 14 trip, Demak–Kudus–Pati sebanyak 11 trip, Temanggung– Parakan– Wonosobo sebanyak 8 trip, Magelang– Jogja–Purworejo sebanyak 11 trip, Kendal–Pekalongan–Pemalang sebanyak 7 trip.

"Estimasi pemudik dari Perak diperkirakan 2.400 orang, dan yang dari Tanjung Emas 2.900 orang," imbuh Faruq.

Tag : mudik lebaran
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top