Harga Meroket, Gorontalo Bagikan 291.000 Bibit Cabai

Pemerintah Provinsi Gorontalo membagikan 291.000 bibit cabai rawit guna mengantisipasi lonjakan harga. Swaproduksi dari masyarakat diharapkan membuat kebutuhan cabai tidak terganggu kendati harga melonjak.
Rivki Maulana | 29 Mei 2017 15:00 WIB

Bisnis.com, MANADO -- Pemerintah Provinsi Gorontalo membagikan 291.000 bibit cabai rawit guna mengantisipasi lonjakan harga. Swaproduksi dari masyarakat diharapkan membuat kebutuhan cabai tidak terganggu kendati harga melonjak.

Kepala Dinas Pertanian Gorontalo, Muljadi Mario mengatakan hasil pembagian bibit cabai rawit diperkirakan baru akan menuai hasil pada Desember 2017 mendatang.

Langkah ini ditempuh agar masyarakat bisa memenuhi sebagian kebutuhan cabai rawit secara mandiri sehingga tidak terpengaruh oleh gejolak harga di pasar.

Harga cabai rawit di Gorontalo memasuki hari ketiga Ramadan memang membubung. Muljadi mengatakan harga cabai rawit atau rica di Gorontalo kini telah mencapai Rp100.000 per kg. Padahal, kemarin (28/5/2017) harga rica masih dibanderol Rp57.000 per kg.

Untuk menstabilkan harga, Pemprov Gorontalo bakal melakukan operasi pasar dalam sepekan ke depan dengan menggandeng Perum Bulog

Menurut Muljadi, kenaikan harga terjadi karena hasil produksi cabai Gorontalo lebih banyak mengalir ke luar daerah di mana harga di luar Gorontalo lebih menarik bagi petani. "Rica ini bukan barang yang diawasi peredarannya dan tidak ada aturan yang membatasi. Jadi beda harga Rp5.000 saja itu akan di bawa ke luar [Gorontalo]," ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (29/5/2017).

Dia menjelaskan, provinsi berjuluk Serambi Madinah itu sebetulnya mencetak surplus cabai rawit. Produksi tahunan Gorontalo mencapai 11.000 ton dengan tingkat konsumsi per tahun sebesar 5.000 ton. Namun, hasil produksi yang lebih banyak mengalir ke luar daerah membuat pasokan di Gorontalo seret.

Muljadi menggambarkan, harga cabai rawit di Manado yang menembus Rp130.000 per kg membuat petani kepincut menjual hasil panennya ke ibukota Sulawesi Utara itu. Terlebih, jarak Manado dari Gorontalo bisa tempuh hanya dalam waktu 8-10 jam lewat perjalanan darat.

Cabai rawit produksi Gorontalo menurut Muljadi memang diminati banyak kalangan,terutama dari Sulut. Dia menurutkan, derajat pedas cabai Gorontalo lebih tinggi dibandingkan cabai hasil produksi daera lain. Selain itu, cabai Gorontalo tahan lama karena bisa disimpan lebih dari sepuluh hari.

Tag : harga cabai, gorontalo
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top