Fase 1.000 Hari Pertama Krusial Bentuk Kecerdasan Anak

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan keluarga berperan sangat penting untuk mempersiapkan fase seribu hari pertama kehidupan bagi anak. Hal ini sangat mendasar bagi kecerdasan anak di masa mendatang.
Kurniawan A. Wicaksono | 24 Mei 2017 01:03 WIB
Janin dalam kandungan - webmd

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan keluarga berperan sangat penting untuk mempersiapkan fase 1.000 hari pertama kehidupan bagi anak. Hal ini sangat mendasar bagi kecerdasan anak di masa mendatang.

“Kemampuan anak untuk belajar dan memahami pelajaran sangatlah dipengaruhi periode seribu hari pertama kehidupan si anak,” ujarnya seperti dikutip dalam laman resmi Kemendikbud, Selasa (23/5/2017).

Penghitungan fase 1.000 hari pertama diawali ketika bayi berada di dalam kandungan hingga berusia dua tahun. Penghitungannya, sembilan bulan di dalam kandungan (270 hari), hingga usia dua tahun anak (730 hari).

Sukiman, Direktur Pembinaan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD-Dikmas), mengungkapkan penyiapan fase 1.000 hari pertama memerlukan pelibatan antarkementerian dan lembaga.

“Ini adalah pekerjaan lintas sektor dan semua harus terlibat. Itu lebih kental di stimulasi dan menyangkut bersinggungan sekali dengan gizinya,” katanya.

Pada tataran Kemendikbud, pendekatan melalui satuan pendidikan PAUD dilakukan melalui bekerjasama dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK). Hal ini dilakukan agar persebaran informasi menjadi lebih massif.

Tag : anak, mendikbud, kecerdasan
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top