Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkes RI dan Arab Saudi Bertemu Bicarakan Kesehatan Jamaah Haji

Di sela-sela pertemuan World Health Assembly 70 di Jenewa, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq bin Fawzan Al Rabiah.
Ibadah haji/Reuters-Ahmad Masood
Ibadah haji/Reuters-Ahmad Masood

Kabar24.com, JAKARTA—Di sela-sela pertemuan World Health Assembly 70 di Jenewa, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq bin Fawzan Al Rabiah.

Kepala Biro Komunikasi & Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengatakan dalam pertemuan tersebut, kedua Menkes membahas tindak lanjut MoU kedua negara di bidang kesehatan yang ditandatangani saat kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia pada Maret 2017.

“Kedua Menkes sepakat pentingnya upaya meningkatkan kerja sama bagi peningkatan kesehatan haji dan umroh baik dalam masa persiapan di Indonesia maupun selama menjalankan ibadah haji dan umroh di Arab Saudi,” ujarnya, dalam keterangan resmi, Rabu (24/5).

Oscar menjelaskan Menkes Arab Saudi, Tawfiq mengapresiasi upaya Pemerintah Indonesia dalam penyelenggaraan Istithaah haji dan umroh. Menkes Arab Saudi menyampaikan akan meningkatkan pelayanan kesehatan untuk jemaah haji pada musim tahun ini. Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan rumah sakit di Madinah dan Mekkah serta mempunyai sistem Command Control Centre. Selain itu juga akan memberikan buku panduan menjaga kesehatan dalam ibadah haji.

Sementara itu, Nila Moeloek juga meminta dukungan Pemerintah Arab Saudi terkait pelayanan kesehatan bagi jemaah haji Indonesia yang tahun ini mencapai 221.000 orang. Pasalnya, banyak jemaah haji Indonesia yang lanjut usia serta memiliki faktor resiko tinggi dalam menjalankan ibadah haji. Menkes Arab Saudi berjanji untuk menindaklanjuti dan meminta agar Pemerintah Indonesia dapat memberikan daftar jemaah Indonesia dimaksud untuk mendapatkan perhatian lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper