Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pesan Sandiaga Uno untuk Mahasiswa Soal Medsos

Mengirim pesan di media sosial mudah dilakukan. Namun, sebelum memutuskan untuk memilih pesan siapa pun termasuk mahasiswa harus memiliki kesiapan untuk bertanggungjawab.
Sandiaga Uno/Antara
Sandiaga Uno/Antara

Bisnis.com, MEDAN - Mengirim pesan di media sosial mudah dilakukan. Namun, sebelum memutuskan untuk memilih pesan siapa pun termasuk mahasiswa harus memiliki kesiapan untuk bertanggungjawab.

Mahasiswa diharapkan dapat bertanggung jawab ketika memposting sesuatu di media sosial atau medsos, dan jangan sampai menyinggung perasaan orang lain.

Hal tersebut dikatakan pengusaha muda Sandiaga Salahuddin Uno, ketika memberikan kuliah umum "Komunikasi Bisnis Sebagai Elemen Penting Dalam Kewirausahaan" di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Kamis (18/5/2017).

Memposting pesan itu, menurut dia, harus informasi yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan, bukan hoax.

"Bangsa Indonesia ini maju kalau punya empati. Apa yang diposting harus berdampak positif," ujar Sandiaga.

Ia menyebutkan, teknik berkomunikasi yang baik adalah ketika seseorang berbicara, para pendengar haruslah mendengar dengan baik, dan jangan berbicara.

"Kita mampu berkomunikasi, bila menjadi pendengar yang baik," kata lulusan George Washington University, Amerika Serikat jurusan Bisnis Administrasi.

Sandiaga menjelaskan, seorang wirausaha yang sukses harus bisa berkomunikasi efektif.

Ada tiga cara komunikasi bagi wirausaha yang efektif. Ketiga cara jitu di antaranya adalah empati dan menciptakan dampak.

"Pengusaha berhasil karena mampu berkomunikasi dengan baik," kata Sandiaga yang juga Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper