PLN Tambah Kapasitas Travo 120 MVA di Sulbagut

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero menambah kapasitas trafo sebesar 120 MVA di Sulawesi Bagian Utara atau Sulbagut guna mengantisipasi pertumbuhan konsumsi listrik di Sulawesi Utara dan Gorontalo.
Rivki Maulana | 29 April 2017 14:45 WIB
Ilustrasi perawatan jaringan listrik PLN - Antara/Rony Muharrman

Bisnis.com, MANADO -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero menambah kapasitas trafo sebesar 120 MVA di Sulawesi Bagian Utara atau Sulbagut guna mengantisipasi pertumbuhan konsumsi listrik di Sulawesi Utara dan Gorontalo.

GM Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulbagut PLN, Octavianus Padudung, mengatakan penambahan kapasitas trafo diharapkan bisa rampung di akhir 2017. Dia menambahkan, kapasitas trafo masing-masing akan ditambah pada gardu induk Otam di Bolaang Mongondow dan gardu induk Isimu di Gorontalo.

Saat ini kapasitas trafo di gardu induk Otam dan gardu induk Isimu masing-masing mencapai 30 MVA. Alhasil, tambahan kapasitas 60 MVA bakal mendongkrak kapasitas masing-masing gardu menjadi 90 MVA. Sementara itu, beban puncak listrik di sistem Sulawesi Utara dan Gorontalo saat ini mencapai 356 MW.

“Kebutuhan listrik di Sulawesi Utara & Gorontalo terus tumbuh setiap tahunnya. Triwulan I tahun 2017 ini pertumbuhannya mencapai 7,44%. Oleh karena itu, tambahan kapasitas trafo sebesar 120 MVA diharapkan dapat mengantisipasi pertumbahan konsumsi listrik masyarakat termasuk memenuhi kebutuhan listrik untuk bisnis dan industri” ujar Padudung dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com, Sabtu (29/4/2017).

Hingga 2025, PLN UIP Sulbagut berencana menambah kapasitas gardu induk hingga 2.520 MVA. Di samping itu, perusahaan setrum itu juga bakal membangun beberapa pembangkit hingga kapasitas mencapai 2.259,2 MW dengan jaringan transmisi sepanjang 3.965 KMS.

Tag : pln, pln
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top