Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Long Weekend, 2 Ruas Tol Ini Bakal Dilalui 245 Ribu Kendaraan

PT Jasa Marga Persero (Tbk) memproyeksi volume lalu lintas yg akan keluar dari Jakarta menjelang libur pada akhir pekan ini akan meningkat pada Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama arah Cikampek dan GT Ciawi (arah puncak) dengan total volume lalin mencapai 245.000 kendaraan selama dua hari, terhitung sejak 28-29 April 2017.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga Persero (Tbk) memproyeksi volume lalu lintas yg akan keluar dari Jakarta menjelang libur pada akhir pekan ini akan meningkat pada Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama arah Cikampek dan GT Ciawi (arah puncak) dengan total volume lalin mencapai 245.000 kendaraan selama dua hari, terhitung sejak 28-29 April 2017.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk Dwimawan Heru mengatakan puncak volume lalu lintas yang keluar dari Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama di Ruas Tol Jakarta-Cikampek diprediksi terjadi pada Jumat (28/4) dengan proyeksi kenaikan volume lalin sekitar 9,55% dari lalu lintas normal.

“Pada kondisi normal, volume lalin yang melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama sekitar 87.000 kendaraan, maka pada libur akhir pekan ini volume lalu lintas pada puncak arus mudik diperkirakan akan mencapai sekitar 95 ribu kendaraan.” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.

Gerbang tol lain yang diproyeksi mengalami peningkatan yaitu pada GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi. Pada kondisi normal volume lalin mencapai sekitar 34.000 kendaraan, sedangkan puncak lalin yang keluar dari Jakarta melalui GT Ciawi diproyeksi akan mencapai 35 ribu kendaraan atau melonjak 2,7 % dari lalin normal.

Mengantisipasi hal tersebut, maka Jasa Marga akan melakukan upaya-upaya sebagai berikut pelayanan transaksi dengan menambah jumlah petugas jemput kendaraan (JKR) dan petugas jemput Transaksi (PUTTRA) di Gerbang Tol padat, mempersiapkan kebutuhan uang kembalian dan Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME) yang cukup.

"Mengoperasikan gardu reversible optimalisasi kapasitas GTO, pembayaran tol elektronik multibank (e-Toll) serta mempersiapkan tenaga pendukung seperti petugas piket dan teknisi peralatan t ol yang terjadwal untuk mengantisipasi kerusakan atau tidak berfungsinya peralatan tol.

Selain itu, melakukan rekayasa lalu lintas dengan penempatan Petugas untuk mengatur lalu lintas di simpul kemacetan (I/C Cikunir, TI/TIP, dan Jalur Utama).

bBerkoordinasi dengan tim penanganan banjir dari PT Adhi Karya di Km 8 dan Km 11 dalam proyek pembangunan LRT serta PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (PT JJC) di Bekasi Barat dalam proyek pembangunan Japek Elevated 2.

"Dilakukan Rekayasa Lalu Lintas bekerja sama dengan kepolisian untuk mengatasi kepadatan simpang susun seperti Cikunir, buka/tutup Tempat Istirahat ruas tol Jakarta-Cikampek dan serangkaian rekayasa lalu lintas di GT Cikarang Utama ketika menghadapi kepadatan,"

Selain itu, Pemberlakuan dedicated lane di Km 66 Tol Jakarta Cikampek saat arus balik dan penempatan kendaraan rescue multiguna untuk mengantisipasi gangguan lalu lintas di jalan tol.

Jasa Marga menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) 24 jam yang bertugas untuk memastikan zero pothole di jalan tol dalam waktu penanganan 2 x 24 jam yang didukung oleh dukungan Alat Berat ketika terjadi kondisi darurat seperti kecelakaan atau longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper