Ini Persoalan Utama Pendidikan Indonesia Saat ini

Kesenjangan kualitas guru dinilai menjadi persoalan pendidikan yang paling mendesak untuk diselesaikan saat ini.
Rezza Aji Pratama | 28 April 2017 20:14 WIB
Siswa-siswi di Aceh mengikuti upacara Hari Pendidikan Nasional - Antara/Rahmad

Bisnis.com, JAKARTA—Kesenjangan kualitas guru dinilai menjadi persoalan pendidikan yang paling mendesak untuk diselesaikan saat ini.

Pakar pendidikan Itje Chodijah mengatakan secara umum masalah yang dialami dunia pendidikan di Indonesia saat ini adalah keadilan dan kesamaan. Menurutnya, masih banyak kesenjangan mutu pendidikan, serta sarana dan prasarana pendidikan di berbagai daerah.

“Saya menilai kualitas guru masih menjadi persoalan yang sulit dicari solusinya,” ujarnya, Jumat (28/4).

Itje menuturkan kesenjangan kualitas guru ini bisa disaksikan dari hasil uji kompetensi guru. Menurutnya, hasil beberapa kali uji kompetensi guru masih belum memuaskan dan berada di bawah rata-rata hasil yang ditargetkan pemerintah.

Kualitas guru yang baik menurutnya bisa dilihat dari cara guru tersebut mengajarkan muridnya. Itje menuturkan guru harus bisa menjadi fasilitator bagi muridnya, bukan hanya menjadi pengajar. Dalam hal ini, guru harus mengajarkan cara untuk belajar dan bukan hanya menghafal pelajaran.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesenjangan ini adalah dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi tidak hanya dapat membuka akses tetapi juga meningkatkan mutu guru. “Guru yang terampil adalah guru yang dilengkapi dngan materi ajar yang tepat dan up to date,” paparnya.

 

 

Tag : pendidikan
Editor : Rezza Aji Pratama

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top