Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Luwu Utara Inseminasi Buatan 1.486 Ekor Sapi

Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menggelar festival ternak hasil inseminasu buatan (IB).
Sapi
Sapi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menggelar festival ternak hasil inseminasi buatan (IB).

Bupati Luwu Utara Indah Putri Lestari menyampaikan saat ini populasi sapi di Luwu Utara sebanyak 27.963 ekor, terdiri dari 6.779 ekor sapi jantan dan 10.111 ekor sapi betina produktif atau akseptor yang potensi untuk dilakukan inseminasi buatan.

Pada 2017, Kabupaten Luwu Utara menargetkan jumlah akseptor 7.843 ekor dan kebuntingan sebanyak 6000 ekor. Target tersebut optimis bisa tercapai karena pada Maret telah dilakukan inseminasi buatan 1.486 ekor. "1.289 ekor bunting serta kelahiran 613 ekor," jelasnya melalui rilis pada Rabu (26/4).

Dia menyampaikan keberhasilan program Upsus Siwab juga sangat ditentukan oleh petugas inseminasi buatan bekerja sama dengan penyuluh setempat. Jumlah petugas IB di kabupaten luwu utara sebanyak 31 orang yang terdiri dari 15 PNS dan 16 Non PNS/sukarela. Jumlah tersebut masih sangat minim untuk menjangkau semua wilayah yang ada di kab. Luwu Utara.

Selain itu, keberhasilan Upsus Siwab juga didukung oleh peran aktif masyarakat/ kelompom tani dalam melaporkan kepada petugas inseminator setempat jika ada ternaknya yg birahi untuk selanjutnya dilakukan IB.

Sementara itu, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta aparat dan peternak Kab Luwu Utara menjadikan penyelenggaraan festival ternak hasil inseminasi buatan (IB) sebagai momentum untuk memajukan pembangunan sektor peternakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper