Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL SELEKSI SNMPTN 2017 : Sebanyak 101.906 Siswa Lolos

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumumkan pada hari ini, Rabu (26/4/2017).
Siswa mendaftar SNMPTN/Antara
Siswa mendaftar SNMPTN/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumumkan pada hari ini, Rabu (26/4/2017).

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Intan Ahmad bersama Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2017 Ravik Karsidi, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Herry Suhardiyanto dan Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN SBMPTN 2017 Joni Hermana dalam jumpa pers di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta (26/4/2017).

Intan Ahmad mengatakan, tujuan penyelenggaraan SNMPTN untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siswa dengan nilai akademik baik untuk masuk perguruan tinggi negeri.

“Hasil prestasi siswa di sekolah jadi bahan pertimbangan kelulusan di SNMPTN, seluruh siswa Indonesia dapat berpartisipasi tanpa diskriminasi” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Dirjen Belmawa menambahkan siswa dari kalangan tidak mampu agar tidak khawatir mengenai biaya pendidikan dan biaya hidup selama menjalani studi di perguruan tinggi karena pemerintah melalui Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah menyiapkan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

“Tahun ini kita menyiapkan 80.000 bantuan biaya pendidikan Bidikmisi, baik untuk perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta” ujarnya.

Ravik Karsidi mengatakan, jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 78 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia sebanyak 101.906 siswa.

“Hasil SNMPTN 2017 akan kita umumkan hari ini jam 14.00 WIB” ujar Ravik.

Dari jumlah yang dinyatakan lulus di PTN tersebut termasuk 27.058 siswa dari peserta Bidikmisi, 20,68% dari total peserta yang lulus. Peserta yang dinyatakan lulus tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Panitia Pusat dari jumlah pendaftar sebanyak 517.166 siswa.

“Bagi siswa yang belum diterima jangan berkecil hati, kami menyiapkan kuota pada SBMPTN yang akan diikuti 85 PTN,” imbau Ravik.
Total daya tampung untuk SBMPTN adalah sebanyak 128.244 kursi, dengan rincian 63.685 kursi untuk ilmu sains teknologi, dan 64.559 kursi untuk ilmu sosial humaniora.

Bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus Panitia Pusat SNMPTN SBMPTN menghimbau agar segera mendaftarkan diri pada laman SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN akan ditutup sampai tanggal 5 Mei 2017.

Bagi peserta yang telah mendaftar Bidikmisi tetapi belum diterima pada SNMPTN 2017, apabila mendaftar SBMPTN 2017, maka yang bersangkutan dibebaskan dari biaya pendaftaran.

Pengumuman hasil SNMPTN dapat diakses mulai pukul 14.00 WIB hari ini Rabu, 26 April 2017 melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper