AS Masukkan Ratusan Ahli Kimia Asal Suriah ke Daftar Hitam

AS Masukkan Ratusan Ahli Kimia Asal Suriah ke Daftar Hitam
Andhika Anggoro Wening | 25 April 2017 14:49 WIB
Bendera Amerika Serikat - WallpaperCave

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat (AS) memasukkan 271 ahli kimia Suriah dan pejabat lain ke dalam daftar hitam keuangannya pada Senin (24/4), menghukum mereka karena berperan dalam serangan senjata kimia mematikan di kota yang dikuasai pemberontak pada awal April.

Dalam salah satu pengumuman sanksi terbesar mereka, Kementerian Keuangan Amerika Serikat menyasar Pusat Studi dan Penelitian Ilmiah Suriah (Syrian Scientific Studies and Research Center/SSRC), yang mereka sebut bertanggung jawab mengembangkan senjata gas sarin yang diduga digunakan dalam serangan pada 4 April.

Serangan itu menewaskan 87 orang, termasuk banyak anak, di Kota Khan Sheikhun, memicu kemarahan dari negara-negara Barat, yang menuduh Presiden Suriah Bashar al Assad bertanggung jawab atas serangan itu.

Sanksi tersebut meliputi pembekuan semua aset milik 271 individu dalam daftar hitam tersebut di Amerika Serikat, dan larangan warga atau perusahaan Amerika Serikat berbisnis dengan mereka menurut warta kantor berita AFP.

Menurut Nuclear Threat Initiative (NTI), sebuah badan strategi yang berbasis di Washington, SSRC adalah pusat penelitian ilmiah terkemuka di Suriah, dan memiliki hubungan dekat dengan militer negara itu.

Tag : amerika serikat
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top