Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KNPI Harus Fokus Lahirkan Wirausahawan Muda

Komite Nasional Pemuda Indonesia berkomitmen mendorong lahirnya wirausahawan muda sebagaimana permintaan Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla saat memberikan arahan rapat koordinasi nasional organisasi kepemudaan tersebut pada Minggu (23/4/2017).
Wakil Presiden Jusuf Kalla./Antara-Wahyu Putro A
Wakil Presiden Jusuf Kalla./Antara-Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Komite Nasional Pemuda Indonesia berkomitmen mendorong lahirnya wirausahawan muda sebagaimana permintaan Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla saat memberikan arahan rapat koordinasi nasional organisasi kepemudaan tersebut pada Minggu (23/4/2017).

Orang nomor dua di Tanah Air ini memang meminta KNPI berperan melahirkan wirausaha muda karena pemerintah gencar meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan berwirausaha menjadi salah satu solusi agar Indonesia tidak ketinggalan dengan negara-negara di dunia.

Dalam rilis yang diterima Senin (24/4/2017), Ketua KNPI Sulawesi Utara, Jackson Kumaat mengatakan, KNPI harus fokus dalam melahirkan wirausaha muda di Indonesia. Menurutnya, keberadaan pengusaha sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan sebuah negara. Saat ini rasio wirausaha di Indonesia hanya mencapai 4 persen, atau sangat jauh tertinggal dibandingkan negara lainnya.

“Wapres meminta untuk lahirkan wirausaha muda dan fokus. Makin besar jumlah pengusaha, maka peluang negara tersebut makin maju makin besar,” ujarnya.

Karena itu, katanya, butuh penguatan kultur kewirausahaan di tengah masyarakat. Kultur kewirausahaan yang kuat akan membantu muncul wirausaha yang tangguh. Menurutnya, masyarakat Indonesia kebanyakan masih berkultur konservatif dalam konteks kewirausahaan.

Menurutnya, Wapres JK yang juga pernah aktif di organisasi kepemudaan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sebagai ketua cabang dan ketua senat mahasiswa, mampu bertransformasi menjadi pengusaha sukses. Faktor keberhasilan sangat ditentukan untuk fokus di usaha.

Sebelumnya, Pemerintah telah menargetkan rasio jumlah wirausaha di Indonesia mencapai 4%, dari sekarang 3,1%. Target yang tidak terlalui tinggi, karena masih berada di bawah rasio negara lain. Sebut saja Singapura telah mencapai 7%, Malaysia 5%, dan Thailand 4%. Menjadi wirausaha juga bukan perkara mudah, karena sekarang masuk dalam era industri 4.0 yang meliputi inovasi, kreativitas, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper